Kampung Dongeng, Wujudkan Mataram Nyaman dan Ramah Anak

Kegiatan Kampung Dongeng

Mataram (Suara NTB) – Prihatin terhadap anak-anak yang minat bacanya sangat kurang, karena pengaruh gadget, Kampung Dongeng Mataram bersama IGTKI Cabang Kecamatan Mataram dan Selaparang mempersembahkan acara bertajuk Kampung Dongeng Berdongeng di Pelosok Negero,  16 – 17 Januari 2020.  Yang berlangsung di dua lokasi yaitu Pesisir Pantai Melase dan Aula TK Tarbiatul Ummah, bersama Pendongeng Nasional dan Internasional Awam Prakoso.

Ditemui usai kegiatan, Ketua Kampung Dongeng Mataram sekaligus sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan,  Ahmad Fadli, S.Pd memaparkan kegiatan ini merupakan program Kampung Dongeng Indonesia yang dinamai KaDo Pelosok/Jelajah Negeri. Dengan tujuan mengajak dan membangun karakter anak bangsa melalui satu pesan cerita hebatkan anak Indonesia di bagian Pelosok yang sangat jarang mendapatkan santap cerita.
“Kegiatan Kampung Dongeng ini telah diadakan di 34 Provinsi dan sudah lebih dari 100 titik dan targetnya adalah 1000 titik, ” sebutnya.

Tumpah riuh suasana kegembiraan terasa pada saat kegiatan berdongeng berlangsung. Tidak hanya anak-anak,  namun orang tua dan anak muda pun ikut terhanyut dalam keceriaan itu. Fadli mengatakan kegembiraan semua orang yang hadir juga merupakan kegembiraan relawan /pengurus Kampung Dongeng Mataram. Khusus acara pelatihan pada 17 Januari lalu memang pesertanya berasal dari umum. Namun sebagian besar dari guru dan mahasiswa.

“Kenapa guru? Karena dongeng membuat penyampaian materi pelajaran semakin menarik. Karena kalau guru penyampaiannya menarik, anak pasti tertarik. Kalau mahasiswa memang tujuannya berkelanjutan ya bahkan mereka yang mau juga bisa menjadi relawan di Kampung Dongeng Mataram, ” terangnya.

Fadli berterimakasih kepada seluruh undangan dan peserta yang telah terlibat. Pihaknya berterima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram beserta jajarannya (Kabid dan Kasi di Bidang P. PAUD & PNF ), Perwakilan/Staf Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Mataram, Pengurus FKGPAI TK Prov NTB, Pengurus KNPI Kota Mataram, Pengurus TPQ Raudathul Jannah Perumnas, Masyarakat Pesisir Melase dan Seluruh Peserta dan khususnya Awam Prakoso yang sudah menyisihkan waktunya untuk hadir.

Ia berharap kegiatan ini akan membawa perubahan, gebrakan, bahkan cahaya baru untuk anak-anak, orangtua dan pendidik.  Ia menginginkan seluruh  lapisan terlibat agar anak-anak sebagai  generasi penerus gemar membaca,  salah satunya yaitu dengan berdongeng

“Harapan saya sih kedepannya  di setiap rumah, RT, lingkungan, kelurahan, maupun kecamatan ada pojok baca dan setiap pojok baca ada juga relawan yang yang ditunjuk sebagai pendongengnya. Jadi anak-anak ada pendampingan serta penyampaian cerita dan isi buku  lebih dipahami oleh anak tentu dampak postifnya  Mataram akan jadi yang Nyaman dan Ramah untuk Anak, “harapnya. (*)