Selesaikan Masalah Anak Lewat Mendongeng

Awam Prakoso saat menyampaikan materi pentingnya mendongeng sebagai cara mengatasi masalah pada anak, Jumat, 17 Januari 2020. (Suara NTB/dys)

Mataram (Suara NTB) – Banyak manfaat yang diperoleh melalui kebiasaan mendongeng pada anak. Salah satunya ialah mendongeng bisa menjadi alat memecahkan masalah yang dihadapi oleh anak.

Demikian disampaikan Awam Prakoso dari Kampung Dongeng, saat memberikan motivasi bagi guru pada acara Mataram Mendongeng yang berlangsung di TK Islam Tarbiyatul Ummah Mataram, Jumat, 17 Januari 2020.

Membiasakan diri bercerita kepada anak sebelum tidur, ujarnya, dapat melatih kecerdasan fisik dan emosionalnya. Pada masa pertumbuhan anak, usia 0 – 12 tahun pertama adalah waktu yang sangat penting. Apalagi pada usia 0- 5 tahun yang dikenal dengan ‘masa emas’ atau ‘golden age’ ini adalah waktu yang tepat bagi orang tua untuk membentuk karakter, mental, serta kondisi emosional anak di masa mendatang.

Usia tersebut merupakan masa pertumbuhan dan pembentukan karakter serta emosional dari anak. Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu tersebut dengan baik, salah satunya dengan rajin mendongengkan sang buah hati sebelum tidur.

Menyisihkan waktu sejenak untuk bercerita bersama sang buah hati sebelum mereka tidur, ternyata memiliki manfaat yang banyak. Mulai dari kecerdasan emosional, ketangkasan otak, melatih keterampilan komunikasi, hingga keintiman antara ibu dan anak.

Menurut Awam Prakoso, tidak ada masalah yang dihadapi anak yang tidak bisa diselesaikan. Padahal jika mengetahui, hanya melalui pembiasaan bercerita pada anak bisa menjadi strategi menyelesaikan masalah pada anak.

“Jadi tidak ada anak bermasalah, kita yang perlu mendatangkan pendekatan dengan cara bercerita tadi. Seorang anak yang mainan adiknya direbut, orang tua tidak boleh membela salah satu anaknya. Tapi yang perlu dilakukan adalah memisahkan mereka dan lalu bercerita,” ujarnya.

Artinya hal demikian pada dasarnya dapat jadi media menanamkan karakter dan memberikan pengetahuan serta bisa menenangkan situasi dan kondisi pada anak anak melalui bercerita.

Dikatakan bahwa Kampung Dongeng mempunyai komitmen pada upaya melahirkan generasi unggul. Kampung Dongeng peduli ada di setiap daerah. Setiap hari ada yang menuju ke Lapas anak-anak ada yang ke rumah sakit, ada juga yang lokasi bencana macam-macam. Mereka pergi mendongeng untuk menghibur dan memecahkan masalah anak.  “Banyak masalah yang dihadapi anak bisa diselesaikan dengan bercerita,” ungkapnya.

Selain itu, dia memberikan tips bercerita dan mendongeng yang baik pada anak didik. Tanpa menyebut bahwa dia akan bercerita pada anak-anak, namun apa yang keluar dari perkataan ibu guru bisa langsung diisi dengan berdongeng. (dys)