Tingkatkan Nilai UN, Kepsek Harus Perkuat Standar Proses dan Standar Pengelolaan

0
17
Muhammad Fauzan (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, H. Muhammad Fauzan, S.Ag., M.Pd., mengatakan pada tahun 2020 ini pihaknya ingin meningkatkan nilai Ujian Nasional (UN) di SMA. Salah satu yang menjadi sorotannya adalah perlunya sekolah memperkuat standar proses dan standar pengelolaan.

“Berbicara tentang pengelolaan, ada beberapa sekolah kita yang bermasalah di Inspektorat. Ini jadi atensi saya. Juga terkait standar proses, marilah kita tinggalkan cara belajar mengajar yang menjenuhkan,” ujar Fauzan pada rapat koordinasi antara jajaran Dinas Dikbud NTB dan seluruh Kepala SMA, SMK, dan SLB negeri se-Pulau Lombok, Kamis 16 Januari 2020.

Terkait dengan proses pendidikan, menurut Fauzan, proses pembelajaran tidak hanya di dalam ruangan. Ketika sudah mulai siang hari, menurutnya semangat siswa dalam belajar sudah berbeda dibandingkan pagi hari. Oleh karena itu metode pembelajaran yang tepat bisa digunakan agar siswa tidak jenuh belajar.

“Saya mengingatkan dan meminta ke kepala sekolah yang lakukan kunjungan ke luar negeri itu, bisa meniru bagaimaan cara membangkitkan semangat anak belajar di sekolah,” katanya.

Di samping itu, di tahun 2020 ini anak ada sebuah aplikasi di mana kepala sekolah nantinya diharuskan melaporkan perkembangan pendidikan setiap bulan atau triwulan nantinya. Cara itu dilakukan agar secara bersama-saa bisa mengetahui perkembangan pendidikan di sekolah. “Fungsi manajerial kepala sekolah memberikan laporan, bagaimana perkembangan pendidikan di sekolah masing-masing per bulan. Yang membuat pendidikan tersendat, ada halangan yang tidak mampu disampaikan,” ujar Fauzan.

Selain itu, terkaitr program zero waste, Fauzan mengatakn program itu sudah berjalan satu tahun, tapi progres masih jauh dari harapan. Ia memnita kepada kepala sekolah untuk terus meningkatkan upaya mengedukasi siswa terkait program zero waste. Diakuinya sudah banyak sekolah yang mulai melaksanakan program zero waste. (ron)

  Wujudkan Mataram Peka Teknologi Bisnis, UKFK Unram Gelar Seminar Nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here