Jadi Lokasi Tes SKD CPNS SMKN 1 Praya Tengah Benahi Fasilitas

Ruangan Laboratorium Multimedia SMKN 1 Praya Tengah yang menjadi lokasi tes SKD CPNS di Loteng. (Suara NTB/ris)

Praya (Suara NTB) – Pemda Lombok Tengah (Loteng) meminjam lokasi tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun ini di Laboratorium Multimedia SMKN 1 Praya Tengah. Di lokasi ini, sebanyak dua ruangan siap digunakan.

“Satu ruang untuk 120 peserta, sehingga  total sebanyak 240 peserta tes SKD untuk satu sesi,” kata Penanggung Jawab Laboratorium atau teknisi tes CPNS di SMKN 1 Praya Tengah, Budi Satyawan, S,Kom kepada Suara NTB, Senin, 13 Januari 2020.

Ia mengatakan, segala sesuatunya sedang dipersiapkan oleh SMKN 1 Praya Tengah bersama dengan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Loteng agar proses tes SKD berjalan dengan lancar. “Kita yang mapping, karena nanti untuk menyiapkan jaringan listrik dan jaringan komputernya semua dari sekolah. Sementara pembiayaan dari BKPP, pembelian bahan dan jasa instalasinya,” katanya.

Baca juga:  Hari Ini, Tes SKD CPNS di Lobar

Jumlah komputer di SMKN 1 Praya Tengah sebanyak 150 unit. Sisanya nanti akan diupayakan oleh BKPP dengan berkoordinasi dengan SMPN 1 Praya. Bahkan, mereka sudah menyanggupi penyediaan 100 unit komputer untuk keperluan tes SKD di SMKN 1 Praya Tengah. “Sebenarnya yang kita butuhkan sebanyak 264 unit komputer, karena harus ada cadangan sebanyak 10 persen di setiap ruangan,” tambahnya.

Secara teknis, jumlah peserta di satu ruangan sebanyak 120 orang, itu merupakan angka yang ideal, karena jika lebih dari jumlah itu, maka peserta akan berdesak-desakan. Setiap hari akan ada lima sesi tes, di mana dalam satu sesi diberikan alokasi waktu masing-masing 2 jam. Sehingga di Loteng, waktu yang dibutuhkan untuk tes SKD maksimal 15 hari yang dimulai dari tanggal 27 Januari mendatang.

Baca juga:  Kekurangan Kelas, Siwa SMPN 5 Woja Belajar di Ruang Perpustakaan dan Laboratorium

Adapun untuk memenuhi ketersediaan daya listrik, BKPP Loteng kata Budi sudah menyewa genset selama berlangsungnya pelaksanaan tes SKD dengan daya sebesar 60 ribu VA. ”Genset ditaruh di dekat meteran listrik tadi, dibuat handle untuk pergantian dari genset dan PLN untuk antisipasi,” jelasnya.

Baca juga:  Hari Pertama Tes CPNS di Lotim Diwarnai Listrik Padam

SMKN 1 Praya Tengah saat ini memiliki daya 33 ribu watt, sehingga pihaknya akan menaikkan dayanya paling tidak sebesar 48 ribu watt untuk menyuplai daya ratusan unit komputer yang digunakan oleh peserta tes. “Kami sudah siap, tinggal mempersiapkan jaringan komputer dan jaringan listrik, paling satu minggu sudah selesai,” katanya.

Adapun siswa SMKN 1 Praya Tengah, terutama jurusan multimedia kata Budi akan memaksimalkan pelajaran teori dulu karena selama 15 hari, komputer yang ada di sekolah ini akan digunakan oleh peserta tes. (ris)