Kembangkan Energi Terbarukan

0
0
Moh. Tauhid (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – SMKN 3 Mataram mulai mengembangkan jurusan atau kompetensi keahlian Teknik Energi Surya Hidro dan Angin (TESHA). Para siswa lulusan jurusan TESHA diharapkan bisa mengembangkan energi terbarukan di daerah-daerah yang memiliki potensi pengembangan energi terbarukan. Termasuk bisa menjadi alternatif pengganti energi listrik selain dari PLN.

Kepala SMKN 3 Mataram, Moh. Tauhid, S.Pd., mengatakan, saat ini baru ada siswa sampai Kelas XI untuk jurusan TESHA. Nantinya pihaknya akan mengarahkan  siswa bisa membuat alternatif energi selain PLN melalui energi terbarukan tersebut. Apalagi potensi daerah untuk mengembangkan energi surya, hidro, dan angin cukup banyak di NTB.

“Di kelas XI sudah kita coba untuk arahkan mengembangkan kemampuan, hasil dari anak-anak atau rakitan mereka menjadi alternatif energi, bisa di sekolah terlebih dahulu,” jelasnya.

Tauhid menekankan, pihaknya berharap daerah yang memiliki potensi pengembangan energi terbarukan seperti pengembangan energi surya, hidro, dan angin, terutama di daerah pelosok. Dengan adanya jurusan TESHA diharapkan ada sumber daya manusia yang bisa mengembangkan energi tersebut.

“Nanti berharap anak-anak ini ketika lulus bisa membuat di rumahnya sendiri energi listrik dari tenaga surya, tanpa dari PLN, nantikan bisa dikembangkan di daerah tertentu. Apalagi angin, banyak wilayah di NTB bisa diterapkan,” katanya.

Salah satu kendala yang dihadapi adalah kurangnya tenaga pendidik. SMKN 3 Mataram masih mengalami kekurangan guru produktif. Bahkan guru produktif  di SMKN 3 Mataram terpaksa harus memegang jam mengajar yang banyak. Permasalahan itu akan semakin berat di tahun 2020 ini, di mana akan ada enam orang guru produktif yang akan memasuki masa purna tugas atau pensiun. “Kalau belum ada penambahan guru produktif, mau dibawa ke mana SMK ini. Itu kekhawatiran saya. Permasalahan ini harus cepat diatasi,” sarannya. (ron)

  NTB akan Jadi Pelopor Membangun Pembangkit Listrik Bertenaga Nuklir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here