Gubernur Minta Dikbud NTB Selesaikan Mutasi Kepsek

0

Mataram (Suara NTB) – Mutasi kepala sekolah (kepsek) dan pengisian jabatan kepala SMA dan SMK yang masih kosong menjadi pekerjaan rumah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB. Gubernur NTB meminta Dinas Dikbud NTB bisa menyelesaikan mutasi kepala sekolah (kepsek) pada pekan ini.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqon, S.Pd., M.Pd., pada Rabu, 15 Januari 2020.

Ia mengatakan, Gubernur NTB memerintahkan agar minggu ini persiapan mutasi kepsek harus kelar. “Gubernur perintahkan minggu ini harus kelar. Kamis, 16 Januari 2020 akan saya serahkan konsepnya ke gubernur,” ujarnya.

Sebelumnya ia mengatakan mutasi kepsek tidak bisa dihindari, karena 25 jabatan kepsek yang kosong dan diisi oleh pelaksana tugas, juga tiga kepsek pensiun per 31 Desember 2019. Selain itu, hasil evaluasi kinerja kepsek juga sudah didapatkan, dengan hasilnya sekitar 20-an orang mendapatkan nilai di bawah baik. Dengan begitu berarti akan ada kepsek yang kembali menjadi guru biasa.

Aidy menekankan, kepsek baru berasal dari calon kepsek yang telah mengikuti diklat dan telah memperoleh sertifikat. Ia menegaskan, kepsek yang sudah menjadi kepsek maupun yang akan dipromosikan harus memiliki sertifikat kepala sekolah atau calon kepala sekolah. Bahkan telah memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS).

“Bagi yang ikut seleksi calon kepala sekolah tahun 2017-2018 sudah punya sertifikat, cuma tidak diganti setiap tahun. Kepsek akan diganti sehingga ada promosi ketika prestasi kerja Kepsek tidak bagus, atau prestasi kerja bagus, tapi berkasus,” kata Aidy yang saat ini masih menjabat Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Dikbud NTB.

Selain itu, jumlah calon kepsek juga cukup banyak di daerah tertentu seperti Lombok Timur yang mencapai 24 sampai 26 orang. Namun di Bima dan Dompu malah kekurangan. Aidy mengatakan pihaknya tidak mungkin menempatkan calon kepsek asal Lombok Timur untuk bertugas di luar daerah. Aidy juga mengatakan, saat mutasi nanti dimungkinkan perpindahan kepsek antara sekolah. Kepsek yang berpengalaman akan mengisi sekolah yang cukup besar. (ron)