Universitas 45 Mataram akan Gelar Wisuda

Evron Asrial

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 84 mahasiswa Universitas 45 Mataram berhasil mengakhiri perkuliahan. Pencapaian ini ditandai dengan akan diwisudanya mereka besok, Sabtu 30 November 2019.

Total ke 84 orang itu terdiri dari mahasiswa Ilmu Hukum 53 orang, Ilmu Pemerintahan sebanyak 1 orang, Ilmu Komunikasi 17 orang, Ilmu Budidaya Perairan 9 orang, dan ilmu Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan sebanyak 4 orang.

“Sedangkan Prodi Agroteknologi tahun ini tidak ada yang ikut wisuda,” jelas Rektor Universitas 45 Mataram Dr. Evron Asrial, M.Si, Jumat, 29 November 2019.

Dikatakan wisuda sarjana merupakan suatu kegiatan akhir dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi dengan persyaratan telah menempuh sejumlah satuan kredit semester (SKS) termasuk skripsi.

Proses belajar dan implementasi ini Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, Penelitian dan pengabdian Masyarakat, dengan membutuhkan waktu perjalanan yang sangat panjang, rumit dan berliku-liku, karena mahasiswa akan bisa diwisuda apabila telah menempuh minimal 144 SKS.

Sedangkan untuk mendapatkan sejumlah ini membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 7 tahun. Dalam Perjalanan waktu inilah mahasiswa dituntut ketekunannya menimba ilmu, belajar dengan serius baik di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pada acara wisuda Universitas 45 Mataram yang digelar di salah satu hotel di Mataram besok, perwakilan LLDIKTI VIII Bali dipastikan akan hadir menyaksikan para wisudawan.

Selain itu kata Evron, sejak tahun 2018, Universitas 45 Mataram sudah mengikuti imbauan Kemenristek Dikti dengan menerbitkan ijazah sarjana menggunakan Penomoran ijazah Nasional (PIN). Sehingga ijazah akan lebih aman dan tidak dapat dipalsukan karena juga tertera NIK pemegang ijazah. (dys)