Sejumlah Formasi CPNS Guru SMK Berpotensi Tak Terisi

Rusman (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah formasi CPNS guru SMK berpotensi tidak terisi tahun ini. Pasalnya, ada beberapa formasi jabatan, seperti guru nautika kapal niaga maupun guru nautika kapal penangkap ikan dan guru kelas Sekolah Luar Biasa (SLB) yang lulusannya cukup langka.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, H. Rusman, SH, MH mengatakan, SMK yang berada di bawah Dinas Dikbud NTB membutuhkan banyak guru produktif. Yaitu, guru yang mengajar sesuai kualifikasi kesarjanaannya.

‘’Itu yang kita istilahkan sebagai guru produktif. Seperti guru nautika, perkapalan,’’ kata Rusman dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 19 November 2019 siang.

Namun, sampai hari ke delapan pendaftaran CPNS di NTB, formasi guru nautika kapal niaga maupun guru nautika kapal penangkap ikan masih belum ada peminatnya alias belum ada pelamar. Ia mengatakan, Dinas Dikbud sangat membutuhkan guru nautika untuk mendukung adanya beberapa jurusan yang telah dibuka di SMK.

Baca juga:  Tembus 50.000 Pelamar, Ini Formasi CPNS Paling “Laris” di Kejaksaan

‘’Itu jurusan sangat menjanjikan. Kami belum tahu persis kenapa belum ada peminatnya,’’ katanya.

Mantan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) NTB ini mengakui bahwa memang untuk lulusan perguruan tinggi untuk sarjana nautika tidak ada di NTB. Ia mengatakan, bahwa lulusan sarjana nautika memang masih langka.

‘’Perguruan tinggi kita di sini memang ndak ada jurusan nautika. Harapannya kemarin akan ada peminat. Kalau tak ada pendafar, maka tak akan terisi formasi itu,’’ katanya.

Namun, ia masih berharap formasi guru nautika ini akan ada yang mendaftar. Karena masa pendaftaran masih dibuka sampai 26 November mendatang. ‘’Kalau tak ada pendaftarnya, formasinya  akan menjadi kosong dan tak akan bisa diganti dengan formasi yang lain. Memang kita rugi kalau tak bisa memanfaatkan formasi itu,’’ tandasnya.

Baca juga:  Umur Lampaui 35 Tahun, Pelamar Lulus ‘’Passing Grade’’ 2018 Tak Bisa Ikut Seleksi CPNS 2019

Berdasarkan data BKD NTB, sejumlah formasi guru SMK yang pelamarnya masih nihil. Seperti formasi untuk guru nautika kapal niaga SMKN 1 Tarano. Guru nautika kapal niaga SMKN 1 Alas,  guru nautika kapal penangkap ikan SMKN 1 Lopok. Guru nautika kapal penangkap ikan SMKN 1 Plampang. Dalam rekrutmen CPNS 2018 lalu, formasi untuk guru nautika kapal penangkap ikan juga tidak ada pelamar. Sehingga formasi tersebut tidak terisi. (nas)