Rumah Baca Nusa Tampil di Simposium Relawan 2019

Relawan bersama anak-anak komunitas Rumah Baca nusa pada symposium relawan 2019

Mataram (suarantb.com)  – Rumah Baca Nusa mengucapkan terima kasih kepada Simposium Relawan 2019. Merupakan sebuah kesempatan yang sangat berarti bagi adik-adik Rumah Baca Nusa, untuk bisa tampil di acara Simposium Relawan 2019 yang diselenggarakan pada 2 November 2019 bertempat di Gedung Dome Universitas Mataram.

Simposium Relawan 2019 adalah kegiatan yang diinisiasi oleh beberapa komunitas di Lombok.  Ketua Komunitas Rumah Baca Nusa Hurmayani menuturkan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah membahas banyak hal terkait kerelawanan.  Salah satu contohnya adalah pembahasan tentang  bagaimana membangun kemampuan relawan menyusun program pengembangan pendidikan dan literasi,”tuturnya.

Hurmayani menambahkan Rumah Baca Nusa adalah sebuah komunitas yang bergerak membangun kecintaan adik – adik secara khusus dan masyarakat secara luas untuk cinta membaca. Karena  dengan membaca kita akan tahu banyak hal, dan membaca adalah jendela dunia  Seiiring waktu Rumah Baca Nusa bergerak perlahan mengembangkan diri dalam berkegiatan”tambahnya

Seiring berjalannya waktu,  Rumah Baca Nusa  disingkat menjadi  Rebana = Rumah Baca Nusa) karena salah satu ciri khasnya adalah memilki group rebana.  Hurmayani mengungkapkan REBANA yang  terletak di Dusun Nuse Desa Persiapan Pengonak Praya Timur Lombok Tengah memiliki berbagai program kegiatan, salah satu contohnya adalah kegiatan menari. Kegiatan ini bertujuan untuk membina mereka supaya memiliki keterampilan dan membangun mental untuk sesekali tampil dengan seni di muka umum.

Salah satu relawan yang luar biasa mengisi kegiatan tari untuk anak-anak serta mendampingi pada saat panggung Simposium Relawan,  Leny Sofya, mendedikasikan diri dan waktu untuk membina adik-adik Rumah Baca Nusa khususnya untuk melatih tari setiap minggu. Perkembangan Rumah Baca Nusa juga diwarnai oleh partisipasi Remaja Masjid setempat , sekaligus menjadi bagian dari kepengursan dalam kegiatan Rumah Baca Nusa.

“Perkembangan Rumah Baca Nusa juga tidak lepas dari dukungan komunitas lainnya, menjalin kerjasama, saling membangun dan berintraksi, ” paparnya.

Hurmayani selaku Ketua Komunitas Rebana ini berharap adanya waktu dan kesempatan yang diberikan kepada adik-adik.  supaya menjadikan mereka lebih semangat dan tampil percaya diri. (*)