Sekolah di Tambang Batu Hijau Wakili Indonesia di Kompetisi Pendidikan Internasional

0
Sembilan siswa Sekolah Buin Batu, Sekongkang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, yang mewakili Indonesia dalam ajang Final World Scholar’s Cup - Tournament of Champions di Universitas Yale, Amerika Serikat. (Suara NTB/ist/Media Relation Amman Mineral)

Taliwang (Suara NTB) – 9 orang siswa dan siswi kelas 8 dan 9 Sekolah Buin Batu, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, mewakili Indonesia dalam ajang Final World Scholar’s Cup – Tournament of Champions” di Universitas Yale, Amerika Serikat.

Para siswa ini akan berkompetisi dalam bidang Art and Science pada 8 -13 November 2019. Sebelumya, mereka telah lolos kompetisi tingkat regional di Bali dan tampil sangat baik di tingkat Asia di Manila yang diikuti oleh sekitar 50.000 peserta pada September 2019 lalu.

Sekolah Buin Batu adalah sekolah yang berada di Townsite tambang Batu Hijau dan murid-muridnya merupakan putra dan putri dari karyawan dan mitra bisnis Amman Mineral. Sekolah ini dikelola oleh Yayasan Pendidikan Buin Batu Sumbawa dengan menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB) dan mengadopsi kurikulum nasional untuk sekolah tingkat dasar hingga menengah atas. Saat ini, ada 219 siswa dan siswi yang mengenyam pendidikan di Sekolah Buin Batu.

“Kami bangga dengan prestasi siswa-siswi Sekolah Buin Batu ini di tingkat internasional. Kami percaya, dengan mengikuti ajang kompetisi di tingkat internasional ini, para siswa semakin termotivasi untuk lebih meningkatkan prestasi dan membawa harum nama Indonesia di ajang-ajang perlombaan lainnya,” kata Baiq Idayani, Superintendent Media Relations & Special Projects Amman Mineral.

Pada tahun ini juga, Amman Mineral menginisiasi pelatihan pemantapan materi dan bedah SKL bagi Guru SMA/MA dan SMK yang ada di 3 kecamatan lingkar tambang.

Ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing siswa di lingkar tambang Batu Hijau dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan keterbukaan akses penerimaan siswa di Perguruan Tinggi ternama.

Dalam upaya peningkatan kapasitas ini, sebanyak 12 pakar bidang studi pendidikan dari salah satu lembaga belajar ternama di Indonesia dihadirkan sebagai pemberi materi.

Tentang Amman Mineral Nusa Tenggara

Amman Mineral Group adalah perusahaan yang berlini bisnis utama dalam dunia pertambangan yang mengoperasikan tambang Batu Hijau di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Tambang Batu Hijau merupakan salah satu tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia yang dikelola dengan tetap mengedepankan sisi keselamatan, perlindungan lingkungan, dan tanggung jawab sosial.

Amman Mineral telah mendapatkan 7 kali peringkat PROPER HIJAU (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). PROPER Hijau merupakan penghargaan terhadap suatu perusahaan yang kinerjanya dinilai melebihi standar yang ditetapkan oleh KLHK atas berbagai aspek pengelolaan perlindungan lingkungan dan program pengembangan masyarakat di sekitar tambang. (*)