Pelamar CPNS Formasi Guru Harus Miliki Sertifikat Pendidik

Aidy Furqon (Suara NTB/dok)

Advertisement

Mataram (Suara NTB) – Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) formasi guru harus miliki sertifikat pendidik. Sertifikat pendidik bisa diperolah melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG). Sertifikat pendidik diperlukan untuk menunjukka profesionalitas guru.

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Dr. H. Aidy Furqon, S.Pd., M.Pd., mengatakan, guru yang melamar pada CPNS harus memiliki sertifikat pendidik. “Jangankan guru, untuk syarat menjadi calon kepala sekolah pun harus punya sertifikat pendidik,” katanya.

Oleh karena itu, kata Aidy, Dikbud dan Kemendikbud gencar memberi kesempatan kepada guru yang belum miliki sertifikat pendidik untuk mengikuti program PPG. Jika memperoleh sertifikat pendidik dan berusia di bawah 35 tahun, maka bisa mendaftar CPNS. Kalau memiliki sertifikat pendidik tapi berusia di atas 35 tahun, diberikan peluang mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). “Dari hasil rapat koordinasi saya dengan BKN beberapa waktu lalu, akan dibuka, tinggal kita melihat kesiapan pusat dan provinsi, dalam hal ini BKD,” katanya.

PPG, kata Aidy salah satu jalan yang ditempuh para guru untuk mendapatkan sertifikat pendidik. Aidy menjelaskan, PPG dalam jabatan merupakan pelatihan bagi guru yang sudah mengajar, tapi saat diangkat menjadi PNS belum memiliki sertfikat. PPG mandiri, boleh dalam jabatan atau juga belum menjadi PNS seperti honorer.

Sementara itu, Ketua IGI NTB, Ermawanti, dihubungi terpisah menganggap baik rencana tersebut. Syarat harus memiliki sertifikat pendidik untuk melamar seleksi CPNS agar para calon guru memiliki kualitas yang siap pakai. “Tujuan pemerintah ini kami dukung, karena sejatinya guru-guru memang harus profesional,” ujarnya. (ron)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.