STIE AMM Mataram Gelar Wisuda

Ketua STIE AMM Mataram, Dr. H. Umar Said, SH., MM., saat mewisuda salah seorang wisudawan terbaik STIE AMM dalam kegiatan wisuda, Sabtu (6/10). (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMM Mataram menggelar wisuda pada Sabtu, 5 Oktober 2019 di Hotel Lombok Raya, Mataram. Kegiatan tersebut merupakan Wisuda ke-13 Program Sarjana (S.1) dan Wisuda ke-46 Program Diploma Tiga (D.3). Sebanyak 260 orang diwisuda dalam kesempatan tersebut.

Ketua STIE AMM Mataram, Dr. H. Umar Said, SH., MM., dalam pidatonya menyampaikan sebanyak 260 orang wisudawan terdiri dari Program S.1 Manajemen 113 Orang, Program S.1 Akuntansi 103 Orang, Program D.3 Keuangan dan Perbankan 14 Orang, dan Program D.3 Akuntansi 30 Orang. Dengan begitu sampai dengan saat ini STIE AMM Mataram telah menghasilkan alumni sebanyak  5.580 orang.

Umar mengatakan, pihaknya telah melakukan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran peserta didik, agar para peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri mereka untuk memiliki pengetahuan, serta keterampilan yang diperlukan bagi bangsa, negara, dan masyarakat NTB pada khususnya. Ia mengatakan, bahwa tiga dari Program Studi yang ada pada STIE AMM Mataram ber-Akreditasi/Klasifikasi B. Saat ini sedang dipersiapkan untuk menjadi Akreditasi A.

Upaya-upaya untuk peningkatan kualitas pendidikan STIE AMM Mataram telah dilakukan melalui kegiatan antara lain meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan seperti mencukupkan koleksi perpustakaan, peningkatan kualitas tempat belajar praktikum. “Kami membangun lahan parkir empat lantai, di sisi lain juga terdapat penambahan jumlah tempat praktik usaha (inkubator bisnis), ruang untuk peningkatan soft skill mahasiswa dan ruang serba guna untuk kegiatan ilmiah lainnya seperti: seminar, workshop/lokakarya, diskusi, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Selain itu pihaknya menugasbelajarkan empat orang dosen pada program S3 (Doktor) di sejumlah perguruan tinggi ternama. STIE AMM juga meningkatkan ketersediaan sistem informasi yang digunakan dalam proses pembelajaran dan mengakses data dan informasi dalam bentuk bandwidth dengan rasio bandwidth per mahasiswa yang memadai, hardware, software, e-learning, dan on-line journal/library. Pengembangan sistem informasi untuk administrasi akademik dan non akademik yang mencakup hardware dan software.

STIE AMM juga meningkatkan berbagai kerjasama untuk memajukan kualitas pendidikan, output dan outcome-nya. Kerja sama

diawali dengan perguruan tinggi di Malaysia seperti Universiti Tun Abdul Razak (Unirazak) Kuala Lumpur, Malaysia. Kerjasama kedua dengan KUPTM (Kolej University Poly-Tech Mara) Kuala Lumpur juga masih dalam bentuk kesepakatan, yang rencananya akan ditingkatkan dalam bentuk MOU (Memorandum Of Understanding).

Dalam melatih dan mempersiapkan para lulusan untuk dapat mandiri dan membuka lapangan kerja, maka sejak tahun 2018 sampai dengan 2019, mahasiswa STIE AMM telah berhasil mendapatkan dana hibah oleh Ristekdikti melalui Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dengan nilai total dana hibah yang diterima sebesar Rp52 juta rupiah. Selain itu, demi mendukung kelancaran mahasiswa STIE AMM dalam menempuh pendidikannya, maka selama tahun 2019 telah diberikan bantuan kepada 28 orang mahasiswa penerima beasiswa.

STIE AMM Mataram meningkatkan keterampilan calon lulusan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Keterampilan yang dimaksud adalah yang tercakup di dalam kegiatan Ko-Korikuler yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa STIE AMM Mataram, melalui lembaga yang telah dibentuk yang terdiri dari Lembaga Pusat Karir (LPK) dan Pengembangan Pusat Kewirausahaan dan Produktifitas Nasional (P2KPN) terdiri dari 4 unit pusat kegiatan yaitu Unit Pusat Kewirausahaan,  Unit Pusat Karir, Unit Tax Center bekerjasama dengan Kanwil Ditjen Pajak Nusa  Tenggara, Unit English Speaking zone.

Kepala Lembaga Layanana Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wiyalah VIII, Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si., menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan memberikan motivasi kepada mereka. “Kalian telah masuk ke era revolusi industri 4.0. Kalian sudah melampaui Perguruan tinggi. Pasti tidak ada yang menganggur kalau kalian mencermati lingkungan,” ujarnya.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah yang diwakili Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB, Ir. H. Ridwansyah dalam sambutannya mengatakan, momentum wisuda merupakan momentum membahagiakan bagi STIE AMM, wisudawan, dan orang tua wisudawan. Wisuda sebagai tolok ukur keberhasilan lembaga dan wisudawan.

“Jadikan tantangan sebagai peluang ke depan. NTB memiliki visi NTB Gemilang. NTB yang kita impikan NTB yang sejahtera lahir dan batin. Kita harus bersiap menghadapi berbagai peluang ke depan. Kami berpesan agar STIE AMM terus mencetak kader pembangunan,” harap Ridwansyah. (ron/*)