‘’Playground’’ di KEK Mandalika Harus Diperbanyak

Salah satu wisatawan yang meluangkan waktu nya dan menikmati playground  di Pantai Mandalika. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB)  – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah (Loteng) menjadi primadona wisatawan. PT. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) terus membenahi kawasan itu. Termasuk memasang playground untuk memanjakan anak-anak.

Keberadaan playground itu penting, terlebih kawasan wisata Mandalika merupakan salah satu destinasi favorit keluarga. Sejak dipasang dua tahun lalu, keberadaan playground di kawasan wisata Mandalika sangat menarik perhatian masyarakat.  Playground itu dibangun oleh  PT. Prolansekap  Indonesia melalui ITDC.

Pemerhati Pariwisata NTB Lalu Sutawiguna mendorong Pemkab Loteng dan ITDC untuk memperbanyak tempat bermain. Menurutnya, playground penting membentuk karakter dan mental anak.  “Saya berharap pemerintah memperbanyak playground di Mandalika itu,” ujar Sutawiguna kepada wartawan Selasa, 1 Oktober 2019.

Dikatakan, anak-anak bisa bermain sekaligus mendapatkan sahabat baru. Mereka juga dapat membiasakan diri dengan budaya mengantre. Bahkan berdampak positif pada kesehatan jasmani anak-anak. Jika playground identik dipasang di kota-kota besar, kali ini penting diperbanyak di spot wisata salah satunya di pantai.

Sutawiguna menilai kondisi saat ini menuntut semua pihak untuk menyediakan tempat bermain yang pas untuk anak. Mandalika juga perlu didorong sebagai pantai layak anak. Dia optimistis Mandalika menjadi kawasan wisata yang terus berkembang pesat.

Terpisah, Direktur  PT.Prolansekap  Indonesia Arie Aripin berkomitmen membantu pemerintah mewujudkan pantai layak anak dengan menambah playground. Playground  memiliki standar internasional serta bergaransi lima tahun ini dilengkapi dengan asuransi bagi produk  dan penguna.

Arie merupakan pencipta playground internasional. Dia sukses membangun Taman Kalijodo, RPTRA se- DKI Jakarta, dan pantai layak anak Pasang Kayu Sulawesi Barat.

“Pantai Mandalika cocok jadi pantai layak anak karena menjadi sorotan dunia. Terlebih sebentar lagi menjadi tempat gelaran Motor GP,” tegasnya.

Arie menjelaskan, playground  didesainnya berbahan ramah anak dan anti racun. Pihaknya mengutamakan keamanan dan kenyamanan bagi anak-anak. Termasuk ada nilai edukasinya. Dengan begitu, wisatawan terutama para orang tua tidak perlu risau terhadap anaknya. (dys)