IMM NTB Ajak Pemuda dan Mahasiswa Bangun Otokritik untuk NTB Gemilang

Narasumber dan panitia refleksi diskusi bertajuk Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi yang digelar DPD IMM foto bersama. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) NTB menggelar diskusi bertajuk Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., MSc., dan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, MPd., (Zul-Rohmi), di Hotel Grand Madani Mataram, Kamis, 19 September 2019.  Diskusi itu mengangkat tema “NTB Gemilang, Umat Yang Mencerahkan”.

Ketua Umum DPD IMM NTB, Miftahul Khair mengajak para pemuda dan mahasiswa untuk membangun narasi otokritik bagi kemajuan NTB. Terutama yang berkaitan dengan Visi Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Membangun NTB Gemilang.

Kepala Biro Humas Najamuddin menyampaikan materi di diskusi bertajuk Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi yang digelar DPD IMM, Kamis, 19 September 2019.

Ia menyampaikan, tujuan digelarnya diskusi itu untuk membangun otokritik terhadap satu tahun Kepemimpinan Gubernur dan Wagub yang dikenal dengan Zul-Rohmi itu.

“Tentu kita memiliki hak untuk membangun gagasan serta menguji bagaimana progresifitas dalam membangun NTB Gemilang. Sebab, evaluasi hari ini merupakan gambaran dan pelajaran bagi kepemimpinan ke depannya,” ungkapnya di hadapan peserta diskusi.

Namun secara umum menurutnya, apa yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi NTB saat ini telah menunjukkan kinerja yang baik. Hal ini terlihat dari berbagai program yang dijalankan oleh Gubernur dan Wagub.

Sementara itu, Pengamat Sosial Politik NTB, Dr. Kadri, M.Si, memberikan apresiasi terhadap kinerja Zul-Rohmi untuk satu tahun pertama ini. Ia mengatakan kepemimpinan Zul-Rohmi sangat produktif. Sebab, menurutnya pasangan Gubernur dan Wagub itu memiliki modal keterbukaan informasi dan komunikasi yang cukup baik dengan berbagai kalangan tokoh politik, ormas keagamaan, tokoh pemuda dan masyarakat pada umumnya.

Ia juga menilai Zul-Rohmi menunjukkan idealnya pemimpin yang dapat mengakomodir berbagai kalangan dan etnis. Bahkan sudah turun langsung ke tiap daerah untuk memastikan pembangunan infrastruktur, SDA maupun SDM berjalan sesuai rencana.

Namun, ia berharap kepemimpinan Zul-Rohmi tidak membuka harapan untuk masyarakat selebar-lebarnya. Sehingga, dikhawatirkan tidak dapat terealisasi dengan menyeluruh di dalam masyrarakat.

Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT), Dr.  Arsyad A Gani, M.Pd., memberikan apresiasi terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di NTB, yang dilakukan Gubernur dan Wagub, Zul-Rohmi. Khususnya dalam dunia pendidikan untuk Program Sarjana dan Pascasarjana.

Namun,  ia mengingatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sangat ditentukan oleh tingkat pendidikan masyarakat. Untuk itu, ia meminta Gubernur dan Wagub untuk terus menggenjot pendidikan di NTB untuk menekan angka putus sekolah.

Selain itu, Gubernur dan Wagubnya dalam kepemimpinannya ke depan untuk menciptakan lapangan kerja. Sehingga, angka pengangguran dapat ditekan. Termasuk guru honorer yang harus ditangkatkan kesejahteraannya.

Oleh sebab itu, ia meminta Gubernur dan Wagub agar memberikan penekanan terhadap Bupati maupun Walikota se-NTB untuk betul-betul serius dalam memperhatikan dengan baik kondisi pendidikan SD, SMP maupun SMA. Ia juga berharap agar kesejahteraan guru diperhatikan dan ditingkatkan lagi.

Sementara Rektor Universitas Nahdatul Ulama NTB, Baiq Mulianah, M.Pd.I., memberikan catatan, khususnya pendidikan dasar dan menengah, yang menjadi kewenangan bupati dan walikota. Ia melihat bupati dan walikota perlu meningkatkan perhatian pada pendidikan dasar dan menengah di NTB ini.  Karena itu, ia meminta gubernur menggandeng bupati dan walikota agar lebih serius menyikapi pendidikan dasar dan menengah.

Sedangkan, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin S.Sos, MM., pada kesempatan itu, menyampaikan enam misi untuk mewujudkan NTB Gemilang. Yakni, NTB Tangguh dan Mantap, NTB Bersih dan melayani, NTB Sehat dan Cerdas, NTB Asri dan Lestari, NTB Sejahtera dan Mandiri, dan NTB Aman dan Berkah. Ke enam poin tersebut merupakan satu kesatuan yang  akan diwujudkan secara bertahap dan berkesinambungan dalam rangka mewujudkan NTB Gemilang.

Selain itu, Bang Najam, sapaan akrabnya, mengimbau para mahasiswa dan pemuda agar mampu memiliki beberapa kompetensi yakni demonstrasi, diplomasi, negosiasi, komunikasi dan konsultasi. Karena itu, ia juga mengajak mereka untuk sama-sama membangun demi mewujudkan NTB Gemilang ini. (*)