BLK NTB Belum Terima Peserta Khusus untuk KEK Mandalika

Agus Patria (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB melalui Balai Latihan Kerja (BLK) NTB UPT Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi belum menerima peserta pelatihan untuk SDM di KEK Mandalika. Diketahui bahwa Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pengelola KEK Mandalika sedang mempersiapkan SDM-SDM lokal untuk mengisi slot kebutuhan kerja di destinasi wisata perioritas nasional ini.

Apalagi tahun 2021 mendatang, KEK Mandalika ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan MotoGP di Indonesia. Kepala Dinas Nakertrans Provinsi NTB, Dr. M. Agus Patria, SH, MH menyebut, sejauh ini belum ada koordinasi langsung antara ITDC dengan Dinas Nakertrans terkait penyiapan tenaga kerja. Tapi pihaknya mengatensi.

Kata Agus Patria, persiapan dapat dilakukan melalui lembaga-lembaga pelatihan yang tersebar di kabupaten/kota. Ada 100 lebih lembaga pelatihan. “Jadi kebutuhan-kebutuhan tenaga kerjanya Insya Allah bisa kita penuhi untuk pelatihannya,” jelasnya.

Baca juga:  Pengembangan The Mandalika, Jangan Lupakan Masyarakat Lokal

Pemprov NTB intens mengawal KEK Mandalika terkait kebutuhan tenaga kerjanya. Menurutnya, harus prioritas tenaga kerja lokal, porsinya lebih besar dibanding tenaga luar. Selama masih bisa memenuhi kualifikasi mengisi ruang-ruang kerja yang tersedia di KEK Mandalika.

Dengan demikian, masyarakat lokal dapat merasakan langsung manfaat dari investasi yang masuk di daerahnya. “Kita sudah siap. Jenis-jenis pelatihan yang dibutuhkan sudah kita siapkan. Nanti kita akan koordinasi lebih lanjut dengan ITDC,” demikian Agus Patria.

Kepala BLK NTB, Hj. Wilujeng menegaskan, sejauh ini belum ada permintaan pelatihan dari ITDC. BLK NTB sebagai institusi yang memfasilitasi pelatihan tenaga-tenaga kerja siap pakai sudah memfasilitasi pelatihan-pelatihan dengan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI).

Baca juga:  Dampingi ITDC, PT. PII Pastikan Investasi di KEK Mandalika Aman

BLK NTB adalah BLK industri. Jurusan-jurusan yang disediakan berkaitan langsung dengan industri. BLK Lombok Timur menyediakan jurusan kepariwisataan. Kendati demikian, BLK NTB juga menyediakan jurusan kepariwisataan. Fasilitas pelatihannyapun belum lengkap.

“Kalau kita belum ada permintaan (dari ITDC). Tapi kita sudah siap. Tahun ini kita melatih 1.700 orang,” terangnya.

Lulusan BLK NTB ini dapat ditempatkan di mana saja di seluruh perusahaan terkait jurusan alumninya. Jurusan yang tersedia di BLK NTB. Masing-masing untuk sub kejuruan, Teknik Pengolahan Hasil Pertanian, Perawatan dan Perbaikan 10.000 KM Sepeda Motor Injeksi. Audio Video, Office Administrasi, Juru Las SMAW 3, Mekanik Junior Mobil, Junior Administrative Assistant (JAA). Basic Office (computer), Menjahit, Perhotelan,  Teknisi AC Split, Pembuatan Design Grafis, dan Pemasangan Instalasi Listrik Industri. (bul)