LCJ Cosmopolitan Kampanyekan Aksi Membaca di Lombok

Presiden LCJ Cosmopolitan, Hastuti Kresna, membacakan salah satu buku kepada anak-anak di Dusun Sade sebagai bentuk kampanye membaca, Sabtu (31/8) (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Rendahnya minat baca masih menjadi perhatian beberapa pihak, terutama untuk NTB yang sebentar lagi menjadi perhatian dunia dengan perkembangan pembangunannya. Merespon hal itu, Lions Club Jakarta (LCJ) Cosmopolitas menggelar program bertajuk reading action roadshow (kampanye baca keliling, Red) yang melewati beberapa titik di NTB.

Dusun Sade, Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah menjadi desa pertama yang dikunjungi LCJ Cosmopolitan untuk melaksanakan program tersebut. “Membangun skills (kemampuan, Red) membaca sangat penting, karena Lombok akan jadi perhatian dunia dan anak-anak yang ada di Pusat Wisata ini yang akan bersentuhan pertamakali,” ujar Presiden LCJ Cosmopolitan, Hastuti Kresna, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Disebut Kresna, kemampuan membaca yang baik akan memudahkan masyarakat menyaring informasi. Mengingat dengan dibukanya NTB untuk masyarakat dunia dengan gelaran MotoGP dan lain-lain, maka arus informasi global yang masuk juga akan semakin masif.

“Tujuan utama LCJ Cosmopolitan dengan kegiatan donasi buku dan perpustakaan  ini adalah mencerdaskan, menguatkan, memberdayakan para pemuda penerus,” ujar Kresna. Hal itu menjadi penting mengingat tongkat estafet kepemimpinan bangsa ada di tangan pemuda.

Selain itu, program Reading Action diharapkan Kresna dapat menumbuhkan kegiatan membaca bersama orang tua dan anak sebagai salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu luang. Karena itu, selain memberikan donasi buku, Kresna juga menyempatkan diri membacakan beberapa buku bagi anak-anak Dusun Sade.

Dalam kegiatan

kali ini LCJ Cosmopolitan sendiri menyumbangkan 100 eksemplar berbagai jenis buku bacaan. Diharapkan buku-buku tersebut dapat memfasilitasi 300 kepala keluarga di wilayah sekitar Dusun Sade. “Dengan banyak membaca pengetahuan murid-murid  tentang alam, manusia, berbagai penemuan, dunia dan semesta jadi lebih lengkap, kuat  dan kaya,” tegas Kresna.

Selain di Dusun Sade, kegiatan serupa juga dilaksanakan di daerah lain seperti di Desa Cisauk, Tangerang dan Desa Pau, Sumba Timur. Kali ini, lima orang anggota LCJ Cosmopolitan bergerak bersama Dadang Suhendar yang merupakan pejabat distrik KD LCJ.

Rehabilitasi pascagempa juga menjadi program dari LCJ Cosmopolitan. Diterangkan Kresna di beberapa titik permukiman warga yang terdampak gempa, dicanangkan mendapat tambahan sudut kecil untuk menguatkan pengetahuan generasi muda. “Kita juga ingin meningkatkan lagi kegairahan dan semangat pariwisata, juga untuk memberikan informasi pada masyarakat bahwa Lombok sudah siap dikunjungi kembali,” ujarnya.

LCJ Cosmopolitan sendiri merupakan bagian dari Perkumpulan Lions Indonesia Multidistrik 307 dan Asosiasi Lions Club Internasional. Komunitas ini mengemban misi mengabdi bagi kemanusiaan, terutama kebutuhan ibu dan anak.

Sebagai rangkaian dari peringatan hari ulang tahun ke-50 Lions Club Indonesia, Lions Club Cosmopolitan terus mematangkan program-programnya yang berusaha memfasilitasi ketahanan pangan, kesehatan masyarakat dan penguatan kapasitas pemuda. Semua itu dilakukan dalam bingkai kerja sosial, mengingat Lions Club merupakan salah satu organisasi kemanusiaan terbesar di dunia. (bay)