Pemprov Kembali Kirim 41 Anak Muda NTB Kuliah ke Cina dan Taiwan

0
Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah melepas beasiswa mahasiswa asal NTB untuk belajar di Cina dan Taiwan. (Suara NTB/Humas Setda NTB)

Mataram (Suara NTB)  – Pemprov melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB kembali mengirim anak-anak muda kuliah ke Cina dan Taiwan. Dalam waktu dekat, sebanyak 41 anak-anak muda NTB yang telah mendapatkan beasiswa akan dikirim kuliah S1, S2 dan S3 di Cina dan Taiwan.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc., melepas mahasiswa penerima Beasiswa NTB tujuan Cina dan Taiwan di Pendopo Gubernur NTB, Minggu, 25 Agustus 2019. Pada kesempatan tersebut, Gubernur berpesan kepada seluruh penerima beasiswa mengenai hal-hal penting yang menjadi tujuan mereka belajar ke Cina dan Taiwan.

Menurut Gubernur, kebijakan mengirimkan mahasiswa ke luar negeri bukan semata-mata  agar mereka mendapatkan nilai akademis. Tetapi lebih dari itu. Puluhan  anak-anak muda NTB tersebut nantinya diharapkan mengusung misi untuk membangun persaudaraan dan kecintaan dengan sesamanya.  Yang berasal dari berbagai belahan dunia.

“Adik-adik yang akan dikirim ini bukan semata-mata untuk mencari nilai. Jangan sampai ingin nilainya bagus tetapi tidak bergaul. Yang terpenting adalah menumbuhkan persaudaraan dan kecintaan sesama anak bangsa,” ujar Gubernur.

Gubernur yang akrab disapa Dr. Zul ini berharap, penerima beasiswa NTB ini akan menjadi pahlawan. Mereka adalah para pelopor, yang akan membuka pintu dan kemudahan bagi generasi penerima beasiswa asal NTB berikutnya di Cina dan Taiwan.

“Adik-adik semua dikirim ke luar negeri bukan (semata) untuk menjadi ilmuwan, tapi adik-adik semua dikirim ke luar negeri untuk menjadi pahlawan,” tutupnya.

Kepala Divisi Kerjasama LPP NTB, Imanuela Andilolo, berharap kepada seluruh penerima beasiswa menjaga nama baik daerah. Sebanyak 41 pemuda/pemudi NTB ini nantinya akan menuntut ilmu di Taiwan dan Cina.

Mereka yang mendapatkan beasiswa NTB ini dinyatakan lulus dan diterima di sejumlah perguruan tinggi di dua negara. Sebanyak 37 orang diterima di Cina. Terdiri dari 23 orang peserta Program S1 dan S3 empat orang. Kemudian 14 orang Program S3 di Taiwan.

Sebelumnya, Sekretaris LPP NTB, Sri Hastuti menyebutkan total Awardee Beasiswa NTB, periode September 2018 hingga Maret 2019 sebanyak 304 orang. Dengan rincian,  Beasiswa Polandia S2 sebanyak 72 Awardee, Beasiswa Cina S1 sebanyak 11 Awardee dan S3 sebanyak 4 Awardee, Beasiswa Taiwan S3 sebanyak 11 Awardee, Beasiswa Malaysia S2 Reguler sebanyak 15 Awardee, Beasiswa Korea S1 sebanyak 35 Awardee, Beasiswa Short Course dan Training S1 sebanyak 36 Awardee. Serta yang teranyar Beasiswa S2 untuk Aktivis NTB ke Malaysia sebanyak 120 orang lebih. (nas)