Rayakan HUT 74 RI, Rumah Baca Nusa Terima Kunjungan Mahasiswa Korea Selatan

Anak-anak yang tergabung dalam Rumah Baca Nusa berfoto bersama wisatawan mancanegara asal Korea Selatan, Jumat,  16 Agustus 2019. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Gelaran MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada 2021 mendatang menjadi pintu terbukanya NTB bagi masyarakat internasional yang lebih masif. Dalam semangat pembangunan itu Rumah Baca Nusa yang berada di Dusun Nuse, Desa Ganti, Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah berinisiatif mempersiapkan diri dengan menerima kunjungan wisatawan mancanegara.

Pembina Rumah Baca Nusa, Hurmayani, menerangkan bahwa rumah baca yang dikelolanya memang kerap didatangi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Khusus pada momen perayaan Hari Kemerdekaan Nasional kali ini, Rumah Baca Nusantara didatangi oleh 25 orang wisatawan asal Korea Selatan, Jumat, 16 Agustus 2019.

Selama ini Rumah Baca Nusa memang rutin mengadakan kegiatan mingguan bersama para relawan yang merupakan lulusan dari universitas baik di Kota Mataram maupun luar daerah. “Ini kesempatan yang baik untuk anak-anak bisa berinteraksi dengan para tamu dari luar,” ujar Hurmayani, Sabtu M, 17 Agustus 2019, di Mataram. Dalam kunjungan tersebut anak-anak Rumah Baca Nusa bercengkrama dengan para wisatawan asal Korea Selatan yang sebagian besar merupakan mahasiswa.

Selain itu, diadakan juga kegiatan sosial berupa bagi-bagi sembako kepada masyarakat setempat. Kesempatan itu juga

digunakan untuk melakukan pertukaran kebudayaan antara anak-anak di sekitar Rumah Baca Nusa dengan para wisatawan, dimana para wisatawan menggelar pertunjukkan tari dan musik tradisional Korea Selatan. Tidak mau kalah, anak-anak Rumah Baca Nusa juga menunjukkan kesenian daerah mereka.

“Hal ini cukup menantang untuk membina mental anak-anak yang baru usia rata-rata kelas 2 SD untuk menampilkan skill (kemampuan,Red) kesenian daerah,” ujar Hurmayani. Diterangkan perempuan yang sehari-hari menjadi tutor Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA) bahwa kunjungan tersebut merupakan usaha bersama antara pihaknya dengan dua orang akademisi bidang pariwisata, yaitu Firman Koma Febdilan, M.MPar dan Muhammad Sultan Hali, M.Mpar.

Hali sendiri selaku salah satu penggagas kegiatan menerangkan bahwa kunjungan wisatawan mancanegara itu bertujuan untuk mempersiapkan anak-anak yang tergabung dalam Rumah Baca Nusa, khususnya dalam menghadapi pembangunan di KEK Mandalika. “Agar (mereka) mengenal wisata lebih dini,” ujar, Sabtu,  17 Agustus 2019, di Mataram.

Selain itu, Hali berharap agar anak-anak yang tergabung dalam Rumah Baca Nusa kedepannya tidak hanya terlibat dalam kegiatan-kegiatan literasi, namun dapat juga merasakan secara langsung budaya lain dari wisatawan-wisatawan mancanegara yang kedepan akan semakin banyak jumlahnya di NTB. (bay)