STIE AMM Mataram Gelar KKL Tematik 2019 di Kecamatan Kuripan

Ketua STIE AMM Mataram, Dr. H. Umar Said, SH., MM., menyerahkan plakat Kuliah Kerja Lapangan Tematik (KKLT) 2019 kepada Perwakilan Camat Kuripan, yaitu Kasi Kesos Kecamatan Kuripan, A. Ali Maksum M.Si., saat acara pelepasan KKLT 2019. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMM Mataram menyelenggarakan pelepasan mahasiswa dalam program Kuliah Kerja Lapangan Tematik (KKLT) 2019. Kegiatan pelepasan itu dilaksanakan di Kantor Camat Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, pada Rabu, 7 Agustus 2019.

Ketua STIE AMM, Dr. H. Umar Said, SH., MM., dalam sambutannya menjelaskan mengenai peran mahasiswa KKL Tematik yang mewakili perguruan tinggi dalam memberdayakan ekonomi masyarakat setempat. “Mahasiswa harus bisa ikut membantu memberdayakan potensi desa melalui program-program yang telah disusun,” ujar Umar.

Staf Humas STIE AMM Mataram, Oktavia Swardany menambahkan, kegiatan pelepasan KKL Tematik ini berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Tidak hanya itu mahasiswa yang ikut serta dalam program tersebut sangat menunjukkan antusiasnya dalam kegiatan ini. Bahkan sebagian mahasiswa sudah menginap di posko sehari sebelum kegiatan pelepasan ini diadakan agar mereka tidak terlambat datang di Kantor Camat.

Seperti diketahui, ini kali pertama KKLT dilaksanakan di daerah Kuripan, Lombok Barat.  Terdapat enam desa yang menjadi lokasi KKLT kali ini, antara lain Desa Kuripan, Desa Kuripan Utara, Desa Kuripan Selatan, Desa Kuripan Timur, Desa Jagaraga dan Desa Giri Sasak.  Mahasiswa yang mengikuti KKLT ini berjumlah sekitar 204 orang yang berasal dari Program studi S1 Akuntansi dan S1 Manajemen.

Hal yang diharapkan  selama program KKLT ini berlangsung  adalah dapat membangun perekonomian yang ada di daerah Kuripan ini. Hal ini pula disampaikan  oleh Kasi Kesos Kecamatan Kuripan, A. Ali Maksum M.Si. Ia berharap mahasiswa KKLT tahun ini dapat membantu para kepala desa dalam mengembangkan perekonomian khususnya dalam sektor pariwisata di daerah Kuripan.

Sementara Ketua Lembaga Pengembangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Sigit Ary Wijayanto, SE., MM. memberikan tanggapan mengenai harapan dalam program KKLT. Menurutnya, masukan dari dari Kasi Kesos Kecamatan Kuripan sangat bagus. ‘’Sebelumnya kita akan orientasi dengan kepala desa di masing-masing wilayah untuk menyampaikan KKL ini arahnya mau seperti apa, walaupun sebenarnya kami juga sudah melakukan observasi sebelumnya,” jelas Sigit. (ron/*)