Ikuti Program Beasiswa YES, Siswi SMAN 1 Gerung Wakili NTB ke AS

Kepala SMAN 1 Gerung Hj. Erni Zuhara, saat melepas keberangkatan Legia Ananda berangkat ke AS untuk ikut program beasiswa Kennedy Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program 2019 belum lama ini. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Siswi SMAN 1 Gerung Lombok Barat (Lobar) bernama Legia Ananda  lolos seleksi mengikuti program beasiswa Kennedy Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program 2019. Untuk bisa lolos ikut program beasiswa Kennedy Lugar Youth Exchange and Study (YES) ini, Legia harus berkompetisi dengan pelajar yang ada  seluruh NTB. Legia Ananda pun menjadi satu-satunya siswi yang berhasil lulus dari NTB untuk mengikuti program tersebut.

“Legia Ananda sudah berangkat tanggal 5 Agustus 2019 ke AS untuk mengikuti program YES. Ini merupakan program beasiswa penuh yang didanai Kementerian Luar Negeri AS dan diberikan kepada pelajar tingkat SMA atau sederajat,” Kata Kepala SMAN 1 Gerung, Hj. Erni Zuhara, M.Pd., kepada Suara NTB di ruang kerjanya, Rabu, 7 Agustus 2019.

Menurutnya, seleksi untuk mengikuti program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) di Amerika Serikat sangat kompetitif. Legia harus berkompetisi dengan pelajar yang ada  di NTB. Selain itu, Legia Ananda mengikuti serangkaian wawancara  di Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya untuk visa keberangkatan ke Amerika Serikat, Selasa (21/5/2019). “Selama 10 bulan di sana, mereka adalah  duta bagi Indonesia di Amerika. Sepulangnya nanti, mereka menjadi duta Amerika untuk Indonesia,” katanya.

Ditambahkannya, selama di sana, Legia Ananda akan terlibat dalam kegiatan sekolah dan masyarakat sekitar. Dengan begitu, mereka tak hanya mendapat pengalaman pertukaran pelajar, mereka pun akan tinggal dan merasakan hidup sebagai anak Amerika Serikat. “Secara langsung Legia Ananda sebagai duta pariwisata Kabupaten Lombok Barat, NTB,  dan secara umum duta Indonesia, “katanya.

Menurutnya, keberhasilan Legia Ananda juga tidak terlepas dari peran sekolah yang mengadakan kegiatan esktra kurikuler English Study Club.

Awalnya, proses pendaftaran online program ini sangat kompetitif. Di mana, Legia harus bersaing dengan teman satu sekolahnya ( SMAN 1 Gerung) sebanyak 1.004 orang, tapi yang mengikuti hanya 11 siswa. Belum lagi berkompetisi dengan siswa se-NTB. “Di rumahnya bersama keluarga Legia selalu berbicara bahasa Inggris. Ia juga pernah juara lomba debat bahasa Inggris,” katanya.

Pihaknya mengharapkan banyak lagi Legia – Legia lainnya, sehingga bisa mengharumkan nama Indonesia. “Kami bekali Legia dengan pengetahuan budaya Lobar dan NTB, sehingga bisa mempromosikan pariwisata khususnya Lobar dan NTB, ” katanya. (her)