Dimulai, Pendaftaran PPDB Zonasi Jalur Umum Hari Pertama

Situasi pendaftaran di SMAN 6 Mataram pada PPDB zonasi jalur umum hari pertama, Rabu, 3 Juli 2019. (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah sekolah dipadati pendaftar pada hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) zonasi jalur umum, Rabu, 3 Juli 2019. Pendaftar mendatangi sekolah sejak pagi hari. Sekolah-sekolah tertentu tetap menarik minat calon siswa. Kuota untuk jalur umum sendiri sebesar 55 persen dari total daya tampung sekolah.

Salah satu sekolah yang dipadati pendaftar yaitu SMAN 1 Mataram. Kepala SMAN 1 Mataram, Drs. H. Muh. Jauhari, MM., mengatakan, sampai dengan kemarin siang sebanyak 337 calon siswa sudah terverifikasi. Kuota siswa untuk jalur umum di SMAN 1 Mataram sebanyak 198 calon siswa. “Pendaftar cukup banyak,” katanya Rabu, 3 Juli 2019.

Jauhari mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan perangkat untuk membantu calon siswa mendaftar secara online. Nantinya ada tim dari sekolah yang membantu. Pihaknya juga melakukan verifikasi.

Kondisi serupa juga terlihat di SMAN 6 Mataram dan SMAN 4 Mataram. Suara NTB  datang langsung melihat situasi pendaftaran PPDB hari pertama. Di SMAN 8 Mataram jumlah pendaftar mencapai seratusan. Kepala SMAN 8 Mataram, Hj. Suprapti menyampaikan rata-rata calon siswa dibantu mendaftar oleh operator sekolah.

Baca juga:  Penjemput Siswa Dilarang Parkir di Depan Sekolah

Sementara itu di SMAN 9 Mataram jumlah pendaftar juga cukup banyak, tercatat sebanyak 85 orang mendaftar di hari pertama. Wakil Kepala bidang Humas, Munezarah, S.Kep., Ners., M.Kep., mengatakan, pendaftar lumayan banyak. Pihaknya mengharapkan kuota siswa baru di PPDB bisa terpenuhi.

Kondisi pendaftar cukup sedikit terjadi di SMAN 10 Mataram. Kepala SMAN 10 Mataram, Ridwan, mengatakan pendaftar PPDB jalur umum pada hari pertama kemarin baru sebanyak tiga orang. “Kami berharap untuk kuota 8 kelas bisa terpenuhi semua, kalau kemarin kita sangat kurang sekali, tahun ini target 288 siswa bisa terpenuhi, fasilitas sekolah juga sangat cukup,” harap Ridwan dalam kesempatan sebelumnya.

Baca juga:  Penjemput Siswa Dilarang Parkir di Depan Sekolah

Pendaftaran PPDB Zonasi jalur umum  untuk SMA dan SMK akan dilaksanakan pada 3 sampai dengan 6 Juli 2019, seleksi oleh sistem pada 7 Juli, dan pengumuman pada 8 Juli.

Setiap calon peserta didik baru wajib melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://bptp.dikbud.ntbprov.go.id/ppdb. Sekolah dapat memfasilitasi sarana pendaftaran atau tenaga operator bagi calon peserta didik yang kesulitan akses jaringan internet.

Pendaftaran dan verifikasi sekolah pada PPDB SMA dan SMK jalur prestasi dan perpindahan orang tua sudah dilaksanakan pada  20 sampai dengan 23 Juni 2019 lalu. PPDB SMA dan SMK jalur prasejahtera dilaksanakan pada 25 sampai 27 Juni 2019, seleksi oleh sistem pada 28 Juni 2019, dan pengumuman pada 29 Juni lalu. (ron)