TK Adhyaksa XXIII Mataram Gratiskan Biaya Pendaftaran dan Seragam

Siswa siswi TK Adhyaksa XXIII dengan seragam khas Jaksa. (Suara NTB/ars)

Mataram (Suara NTB) – Taman Kanak kanak (TK) Adhyaksa XXIII Mataram punya terobosan dalam menjaring calon peserta didik. Sekolah di Jalan R. Suprapto Nomor 6 Kelurahan Taman Sari, Ampenan Kota Mataram ini menggratiskan biaya pendaftaran dan seragam bagi siswa dari kalangan umum.

“Disebut terobosan karena belum pernah diterapkan tahun tahun sebelumnya, khususnya soal seragam gratis,” kata Ketua Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Wilayah NTB, Sri Wahyuningisih Arif kepada Suara NTB, Selasa, 2 Juli 2019.

Gratis untuk seragam dan biaya pendaftaran itu dirincinya, untuk pendaftar pertama 25 orang. “Jadi calon siswa yang mendaftar pertama tahun tahun sebelumnya membayar Rp 250.000, ini kami gratiskan khusus untuk 25 pendaftar pertama,” kata Sri Wahyunungsih selaku Pembina Yayasan TK Adhyaksa XXIII Mataram.

Setelah kuota 25 pendaftar terpenuhi, pendaftar ke 26 dan seterusnya membayar biaya pendaftaran di TK yang masuk kompleks gedung Kejaksaan Tinggi NTB ini. Tapi bukan berarti tidak diberikan diskon. “Jadi ada keringanan, yang tadinya membayar Rp 250.000. pendaftar setelah tanggal 25 hanya membayar Rp 100.000,” jelasnya.

Selain diskon biaya pendaftaran, sekolah juga meringankan untuk seragam. Dengan biaya pendaftaran Rp 1 juta, siswa siswi akan mendapat lima stel pakaian. “Total seragam ada enam stel. Tapi kita gratiskan satu stel lagi, dengan motif seragam dinas Jaksa. Jadi satu seragam digratiskan,” kata Sri Wahyuningsih. Tahun tahun sebelumnya, gratis seragam ini belum diprogramkan.

Selain membayar biaya pendaftaran, calon siswa juga disyaratkan membayar uang konsumsi Rp 550.000 per tahun dan uang peralatan Rp 400.000 per tahun. Pembayaran ini pun diberikan keringanan dengan mencicil. “Kalau ingin mencicil untuk biaya konsumsi dan peralatan boleh, silakan saja. Yang penting ringan bagi orang tua siswa,” ujarnya.

Menurut Sri Wahyuningsih, terobosan itu sepenuhnya bertujuan untuk meringankan beban orang tua yang ingin anaknya segera masuk TK Adhyaksa XXIII Mataram. “Tujuannya untuk meningkatkan animo masyarakat umum mendaftar ke TK,” ujarnya.

Selain garansi tadi, ada sejumah program yang menjadi pembeda untuk TK ini. Program unggulannya, Tahfiz dan Iqra’, drum band, tari, posyandu, pemeriksaan kesehatan, outing class, cooking class dan outbound. (ars/*)