PPDB SMP Pekan Depan, Sekolah Optimis Bisa Dapatkan Siswa Sesuai Kuota

Ida Ayu Putu Armyani (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – SMP di Kota Mataram optimis bisa mendapatkan siswa sesuai kuota pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2019/2020. Terutama karena pembagian zonasi sesuai kelurahan dianggap cukup merata. PPDB SMP di Kota Mataram akan dilaksanakan mulai pekan depan.

Kepala SMPN 20 Mataram, Dra. Ida Ayu Putu Armyani, pada Rabu, 26 Juni 2019 mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun lalu kuota jalur prestasi maupun kuota siswa jarang terisi penuh. Namun untuk tahun ini ia meyakini kuota akan banyak terisi. “Untuk tahun ini kemungkinan lebih banyak terisi karena untuk Kelurahan Turide ada di zona kami saja, selain kelurahan Mandalika dan Babakan,” ujarnya.

Sementara itu, untuk persiapan menjelang PPDB SMP yang rangkaiannya akan dimulai pada pekan depan,  Ida Ayu mengakui sudah mempersiapkannya seperti melakukan sosialisasi ke SD di sekitar sekolah. Juga melakukan sosialisasi melalui masjid-masjid terdekat. Tidak hanya itu, pihaknya juga memasang spanduk penjelasan tentang PPDB.

“Selain itu kepanitian dan persiapan tempat pendaftaran juga kami persiapkan dengan maksimal. semoga tahun ini siswa yang kami terima lebih banyak,” harapnya.

Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB SMP di Kota Mataram sendiri sudah ada dalam bentuk Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram Nomor: 422.1 /1517/Disdik.C3/VI/2019 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Drs. H. Lalu Fatwir Uzali,

S.Pd., M.Pd., menjelaskan, PPDB SMP di Kota Mataram menggunakan menggunakan sistem dalam jaringan(daring) atau online dengan mekanisme calon peserta didik melakukan pendaftaran, proses seleksi hingga pengumuman hasil melalui sistem komputerisasi yang dapat diakses setiap waktu melalui internet.

Kuota PPDB SMP di Kota Mataram yaitu untuk jalur zonasi paling sedikit 80 persen dari daya tampung, jalur prestasi paling banyak 15 persen dari daya tampung, dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali paling banyak lima persen dari daya tampung sekolah.

“Kuota 80 persen di zonasi termasuk kuota bagi peserta didik dari keluarga tidak mampu dan calon peserta didik penyandang disabilitas pada Sekolah yang menyelenggarakan layanan inklusif,” kata Fatwir.

Pendaftaran dan verifikasi  calon peserta didik baru untuk jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali dilaksanakan pada Senin (1/7) dan Selasa (2/7). Pengumuman hasil seleksi calon peserta didik baru dilaksanakan pada Rabu (3/7). Sementara itu untuk pendaftaran dan verifikasi jalur zonasi akan dilaksanakan pada Rabu (3/7), Kamis (4/7) dan Jumat (5/7). Pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada  Sabtu (6/7).

Jumlah sekolah peserta PPDB di Kota Mataram tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 24 SMP Negeri. Jumlah peserta didik baru tiap rombongan belajar/Kelas melalui PPDB SMP Negeri berjumlah paling sedikit 20 peserta didik dan paling banyak 32  peserta didik.  “Jumlah rombongan belajar paling sedikit tiga dan paling banyak 33, masing-masing tingkat paling banyak 11 Rombongan Belajar,” sebut Fatwir. (ron)