Dubes Dijabat Putra Daerah, Pemprov Bakal Perbanyak Anak NTB Kuliah di Turki

Dubes Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal diterima Gubernur NTB.H.Zulkieflimansyah di Pendopo Gubernur pada Selasa, 28 Mei 2019 pagi. (Suara NTB/humasntb)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov akan memperbanyak anak-anak muda NTB kuliah di Turki. Apalagi, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Turki, sekarang dijabat putra daerah, yakni Dr. Lalu Muhammad Iqbal.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc mengatakan Lalu Muhammad  Iqbal akan resmi bertugas 1 Juni mendatang. Gubernur mengaku Dubes Indonesia untuk Turki tersebut merupakan temannya sejak kecil.

‘’Mudah-mudahan ini menjadi inspirasi bahwa anak NTB bisa jadi tokoh nasional bahkan tokoh dunia. Saya sudah pesankan. Bagaimana caranya agar banyak anak NTB yang sekolah di sana,’’ kata Gubernur dikonfirmasi usai membuka acara di Islamic Center Mataram, Selasa, 28 Mei 2019 siang.

Baca juga:  120 Aktivis NTB Ikut Program Beasiswa di Malaysia

Sebelum menghadiri kegiatan tersebut, gubernur menerima Dubes Indonesia untuk Turki di Pendopo Gubernur pada Selasa, 28 Mei 2019 pagi. Gubernur mengatakan dirinya mendapatkan informasi dari Dubes Indonesia untuk Turki, bahwa biaya kuliah di sana sangat murah.

Dalam satu semester, biaya hidup cuma Rp1 juta. Menurut gubernur, biaya hidup di Turki jauh lebih murah dibandingkan jika kuliah di Universitas Mataram.

Baca juga:  NTB Siapkan Gebrakan Awal Menuju Daerah Ramah Investasi

Lewat program beasiswa yang dicanangkan Pemprov NTB, gubernur menginginkan semakin banyak anak-anak muda dari Pulau Lombok dan Sumbawa yang kuliah di Turki. ‘’Karena melihat Turki itu Eropa, Asia, Arab dapat,’’ katanya.

Dr. Zul mengatakan banyak hal yang bisa dikerjasamakan antara NTB dan Turki. Selain kerjasama dalam bidang pendidikan, juga berpeluang di bidang ekonomi dan sosial budaya. (nas)