Wisuda 246 Lulusan S1 dan D3, Gubernur NTB Siapkan 50 Beasiswa untuk Mahasiswa Pertambangan Ummat

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyampaikan sambutan

Mataram (Suara NTB)  – Momen wisuda periode Maret 2019 terasa istimewa bagi mahasiswa dan jajaran civitas akademika Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat), Sabtu (23/3). Pasalnya, Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah yang hadir langsung saat itu, menjanjikan 50 beasiswa bagi mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Pertambangan.

Kedepan, kata dia, akan ada rencana eksploitasi untuk tambang emas oleh PT. Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Bahkan cadangannya lebih besar dari PT. Amman Mineral  saat ini. Pemberian beasiswa itu menurut Gubernur, untuk support sumberdaya manusia (SDM) pendidikan bagi mahasiswa Ummat, khususnya jurusan Pertambangan. Ia ingin membantu Ummat mempersiapkan tenaga ahli yang siap ditampung oleh PT. Inalum sebagai tenaga kerja.

Gubernur mengaku sudah bertemu dengan Direktur Utama PT. Inalum membahas recana eksploitasi tersebut. Bahkan PT. Inalum hanya akan menampung mahasiswa alumni Pertambangan asal Dompu. Rencana eksploitasi itu diperkirakan akan berlangsung tujuh tahun lagi. Sehingga masih ada waktu bagi Ummat untuk mempersiapkan SDM, khususnya penerima beasiswa.

Ia mengkalkulasikan, jika per mahasiswa biaya SPP Rp3 juta, maka setidaknya ada Rp150 juta akan dikeluarkan Pemprov NTB untuk beasiswa tersebut. Namun begitu, bukan berarti kampus kampus lain tidak mendapat jatah beasiswa. Dr Zul, sapaannya, memastikan kampus lain juga mendapat porsi sama.  “Sehingga di tengah pesatnya pembangunan Dompu dan di Bima, para mahasiswa Ummat tidak akan menjadi penonton di rumah sendiri,” tegasnya.

Tantangan Berikutnya

Sementara Rektor Ummat, Drs. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd dalam sambutannya menilai, bahwa gelar sarjana bukan akhir dari perjuangan. Wisuda, katanya, hanya merupakan salah satu momentum dari perjalanan mencapai pendidikan tinggi, karena setelah wisuda ini jalan panjang dengan berbagai rintangan dan cobaan akan dilalui oleh para wisudawan/wisudawati.  “Tetapi dengan keyakinan yang kuat yang dilandasi iman dan taqwa kepada Allah atas segala kepastian-Nya,” ujar Rektor.

Secara kelembagaan, pihaknya yakin bahwa para wisudawan/wisudawati akan mampu menghadapi tantangan ke depan, karena pihaknya telah berusaha secara optimal dan profesional memberikan pengalaman belajar pendidikan tinggi dengan penuh dedikasi.  “Insya Allah ilmu, amal dan usaha keras akan lebih menentukan saudara ke arah masa depan yang cerah, karena sesungguhnya Allah akan meninggikan derajat hambanya yang berilmu dan mau berusaha untuk maju,” jelasnya.

Untuk itulah, ia menyarankan agar para lulusan untuk mengamalkan ilmu sesuai dengan derajat akademik dan keilmuan dengan tetap berpegang teguh pada ikrar wisudawan/wisudawati yang diucapkan demi kemaslahatan dan kesejahteraan bersama.

Wisuda periode ini untuk 246 orang lulusan Ummat dari berbagai fakultas.  Di antaranya, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik sebanyak 108 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan sebanyak 71 orang, Fakultas Pertanian sebanyak 31 orang, Fakultas Ilmu kesehatan sebanyak 13 orang, Fakultas Teknik sebanyak 9 orang, Fakultas Hukum sebanyak 9 orang, dan Fakultas Agama Islam sebanyak 5 orang.

Hadir dalam acara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang diwakili DR. H. Abdul Mu’ti, M.Ed, Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc, Prof. DR. H. Irwan Alib, M. Pd Wakil Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah. Hadir juga Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah NTB, H. Falahudin, M.Ag,  Ketua Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Mataram, Drs. H. Abdul Muhiet El Lefaky, SU, serta organisasi otonom lainnya. (ars/*)