Pengabdian kepada Masyarakat, Tim Dosen Program Studi Fisika FMIPA Unram Gelar Workshop SISI-TP di SMPN 2 Sekotong

Tim Dosen Program Studi Fisika FMIPA Unram, Laili Mardiana dan Kasnawi Al Hadi foto bersama disela-sela kegiatan workshop. dan Tim Dosen Program Studi Fisika FMIPA Unram foto bersama dengan siswa-siswi SMPN 2 Sekotong pada acara workshop SISI-TP. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Tim Dosen Program Studi Fisika FMIPA Unram yang terdiri dari 3 dosen yaitu Laili Mardiana, M.Pfis, Kasnawi Al Hadi, M.Si dan Alfina Taurida Alaydrus, M.Sc,  melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga dosen Program Studi Fisiks FMIPA Unram ini melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMP Negeri  2 Sekotong dengan tema “Workshop Penanggulangan Pencemaran dan Demontrasi Mitigasi Bencana Tanah Longsor di SMP Negeri 2 Sekotong (Siswa Siaga Tanah Longsor dan Pencemaran  (SISI-TP))”.

Laili Mardiana sebagai ketua tim Pengabdian kepada Masyarakat mengatakan tema itu diambil sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan atau edukasi  kepada siswa-siswi SMP Negeri  2 Sekotong tentang bahaya tanah longsor dan pencemaran.  Mengingat wilayah Sekotong yang rawan terjadi tanah longsor karena merupakan wilayah perbukitan dan juga pencemaran dengan adanya limbah dari sisa penambangan emas secara tradisional.

Baca juga:  Tingkatkan SDM, Unram akan Datangkan Dosen Asing

Dijelaskan,  kegiatan pengabdian ini laksanakan tanggal 20 Oktober 2018 dengan melibatkan 50 siswa-siswi SMP Negeri 2 Sekotong dan beberapa guru.  Tim memberikan pelatihan kepada siswa siswi.  Tim Dosen memberikan teknik serta cara  kepada siswa bagaimana mencegah dan menghadapi bencana tanah longsor dan pencemaran di lingkungan rumah masing masing, atau mitigasi bencana.

Selain itu juga menampilkan  video tentang kejadian-kejadian bencana tanah longsor itu bisa terjadi dari berbagai daerah  dan bahaya-bahaya  yang diakibatkan dari tanah longsor tersebut.

Baca juga:  Tingkatkan SDM, Unram akan Datangkan Dosen Asing

Salah satu tim dosen,  Kasnawi Al Hadi mengatakan selama kegiatan berlangsung, siswa-siswimemberikan respons yang positif dan sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut.  Sehingga kegiatan tersebut dirasakan oleh para siswa di lingkungan SMP Negeri 2 Sekotong sangat bermanfaat dan perlu untuk di tindaklanjuti, dengan melibatkan siswa-siswi yang lain.

Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah berupa video kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dan juga modul tentang Mitigasi Bencana  yang bisa di baca oleh lebih banyak lagi para siswa di wilayah Sekotong terutama siswa-siswi SMP Negeri 2 Sekotong. (nas/*)