Dosen FKIP Unram Melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat

Mataram (Suara NTB) – Tim Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram)  yang terdiri 3 orang dosen yaitu  Drs. I Gde Mertha, M.Si., Satutik Rahayu, M.Pd dan Dra. Hj. Nur Lestari, M.Pd menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi. Mereka melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Dosen yang bergabung dalam program pengabdian masyarakat yang didanai oleh dana BOPTN Tahun 2018 ini melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul “Workshop Teknik Pembuatan Video Pembelajaran bagi Guru-guru SMP Negeri 1 Gunungsari  Lombok Barat”.

Kegiatan ini dilaksanakan  selama 2 hari. Bertempat di Laboratorium IPA SMP Negeri 1 Gunungsari Lombok Barat.

“Kegiatan workshop teknik pembutan video pembelajaran penting dilakukan dengan tujuan membekali guru-guru tentang pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan media pembelajaran berbasis audio dan visual yang digabung menjadi audiovisual,”  papar I Gde Mertha.

Baca juga:  Tingkatkan SDM, Unram akan Datangkan Dosen Asing

Dosen Pendidikan Biologi Universitas Mataram ini juga menambahkan bahwa sekarang merupakan era perkembangan teknologi yang sangat pesat-pesatnya. Seorang guru harus melek teknologi. Jangan hanya sebagai pengguna media tetapi harus bisa membuat media sendiri.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari. Hari pertama, 22 Oktober 2018. Tim pengabdian memberikan pelatihan dengan mengajak satu guru IPA sebagai model dalam pembuatan video pembelajaran.

“Dalam pembuatan video pembelajaran banyak yang harus disiapkan yang pertama adalah menentukan model, alat-alat pendukung, pembuatan naskah/skrip, pengambilan gambar, produksi video, rendering dan burning,” papar Satutik Rahayu, salah satu anggota tim pengabdian.

Baca juga:  Tingkatkan SDM, Unram akan Datangkan Dosen Asing

Produk yang dihasilkan dari kegiatan workshop hari pertama berupa video percobaan IPA yang telah di-HAKI-kan. Pada hari kedua, 27 Oktober 2018 dilaksanakan pelatihan teknik pembuatan video dengan melibatkan guru-guru SMP Negeri 1 Gunungsari Lombok Barat.

Pada kegiatan ini tim menjelaskan beberapa teknik pembuatan video dari mulai teknik pengambilan gambar, produksi video, program yang digunakan untuk produksi sampai bagaimana cara mendaftarakan hak cipta.

Satutik Rahayu mengatakan hasil kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi guru guru untuk mengembangkan kreativitas mereka dalam pembuatan media audiovisual. Pada akhir kegiatan Tim pengabdian menyerahkan hasil video pembelajaran IPA kepada Kepala Sekolah  Drs. Sukri Abdurahman. (nas/*)