Prodi Farmasi dan Akuntansi Jadi Prodi Terketat SBMPTN di Unram

Mataram (Suara NTB) – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Mataram (Unram) tahun 2018 sudah dilaksanakan pada Selasa,  Mei 208 lalu.

Dari data pendaftar, diketahui  Program Studi (Prodi) Farmasi menjadi prodi yang paling banyak diminati pada kelompok ujian saintek. Sementara pada kelompok Soshum, Prodi Akuntansi menjadi prodi yang paling banyak diminat.

Hal itu diungkapkan Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Mataram (Unram), Prof. Dr. Ir. H. Lalu Wiresapta Karyadi, M.Si. Ia merincikan, di kelompok saintek, prodi lainnya yang paling banyak diminati antara lain Prodi Kedokteran, dan Prodi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

 Sedangkan pada kelompok Soshum, prodi yang juga paling banyak diminati yakni manajemen, PGSD, dan Ilmu Hukum.

“Melalui SBMPTN, Unram akan menerima 1.495 calon mahasiswa atau 40 persen dari total daya tampung tersebar di 35 Prodi S1 Reguler,” jelas Wiresapta.

Sebanyak 12.946 peserta SBMPTN akan bersaing untuk memperebutkan 1.495. Rincian peserta SBMPTN dari kelompok soshum sebanyak 4.688 peserta. Dari Saintek sebanyak 4.159 peserta, dan dari kelompok campuran atau IPC sebanyak 3.872. Pengumuman hasil seleksi SBMPTN akan dilaksanakan pada 3 Juli 2018.

Pada tes SBMPTN menggunakan dua pola, yaitu Ujian Tertulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK). Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat yang bisa mendaftar merupakan lulusan tiga tahun terakhir, yaitu 2016, 2017, dan 2018.

Jenis ujian tertulis untuk UTBC dan UTBK terdiri atas Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji matematika, biologi, kimia, dan fisika. Serta, tes kemampuan dasar sosial dan humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata ujian sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi.

Sementara Kelompok ujian tulis SBMPTN terbagi menjadi tiga jenis, yaitu  pertama, Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek. Kedua, Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum. Dan, ketiga, Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum. (ron)