Pemilihan Calon Rektor Unram Tunggu Hasil PPATK

Mataram (Suara NTB) – Belum ada kejelasan terkait kapan jadwal pelaksanaan pemilihan Calon Rektor Universitas Mataram (Unram) tahap kedua bakal digelar. Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) hingga kini belum menentukan tanggal pasti pemilihan tahap kedua bakal digelar.

Kepada Suara NTB, Rektor Unram Prof. Ir. H. Sunarpi, PhD., mengaku belum mengetahui tanggal pasti pelaksanaan pemilihan tahap kedua.

Hanya saja, ujar Sunarpi, pascaberkonsultasi dengan pihak Kemenristek Dikti memastikan jika kelanjutan jadwal pemilihan Calon Rektor Unram tahap kedua kini masih menunggu hasil pemeriksaan PPATK tiga calon Rektor Unram.

“Masih menunggu hasil verifikasi berkas tiga calon itu oleh PPATK,” ujar Sumarpi, Selasa (12/12).

Setelah ada hasil pemeriksaan PPATK, baru kemudian Kemenristek Dikti dalam waktu dekat dapat menggelar pemilihan.  “Sehingga akan ada rapat untuk menentukan tanggal pelaksanaan pemilihan tahap kedua,”urainya.

Untuk menunggu hasil pemeriksaan PPATK, Sunarpi menuturkan jika waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama, yaitu antara sekitar satu atau dua minggu.

“Yang dinilai oleh PPATK transaksi keuangan selama ini oleh calon rektor. Melalui ini pemerintah ingin memastikan semua calon rektor harus bebas dari transaksi mencurigakan, itu yang dilacak”.

Selain menunggu hasil laporan PPATK, pemerintah juga menunggu hasil penilaian dari berbagai pihak termasuk penilaian dari BIN, dan tim independen kementerian yang dikirim saat debat beberapa waktu lalu.

“Saya kira dalam waktu dekatlah. Harapan kita dalam minggu ini. Pak Sekjen kan bilang harus segera. Pak Sekjen akan berusaha sedapat mungkin digelar,” urainya. (dys)