Remaja asal Cakranegara Ini Keliling Dunia Lewat Desain Grafis

Mataram (Suara NTB) – Kreativitas anak muda  tidak ada matinya.  Anak muda selalu memiliki karya yang patut dibanggakan. Salah satunya adalah Muhammad Naufal Giffari Efendi. Seorang pemuda yang memiliki bakat desain grafis ini melanglang buana di dunia desain grafis.

Pemuda dengan bakat fantastis ini merupakan salah satu pemuda NTB yang membanggakan Indonesia di ranah Internasional. Tahun 2017, Pemuda Asal Cakranegara ini meraih prestasi tingkat Internasional dalam perhelatan International High School Arts Festival yang diselenggarakan oleh International Foundation for Arts and Culture (IFAC) dengan poster miliknya.

Menjadi terbaik dengan desain poster digital, Lelaki ini mengantongi medali emas pada momentum yang diselenggarakan IFAC pada bulan Agustus 2017 lalu. Event ini diselenggarakan sejak tanggal 8-11 Agustus 2017.

Baca juga:  NTB Wakili Indonesia dalam Sidang Umum WHA di Geneva

“Saya meraih medali emas dalam kategori desain poster,” ujar pelajar SMAN 1 Mataram belum lama ini.

Penghargaan diberikan di Tokyo Jepang. Bersanding dengan dua pemenang asal Singapura dan Belarus sebagai peraih medali emas dengan kategori yang berbeda. “Bangga rasanya bisa bersaing dengan negara-negara lain, tidak menyangka bisa dapat medali emas di ajang internasional dengan karya yang saya miliki,” imbuhnya.

Berbicara tentang tahap dan persiapan yang dilewati sampai ke IFAC, diakuinya membuat dirinya tertantang untuk memiliki persiapan yang matang. Termasuk dalam penguasaan bahasa dan pemantapan materi. Di Tokyo, desain poster harus dipresentasikan di depan para juri dan seluruh peserta dengan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Selain itu, ujarnya, dirinya meraih medali emas pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Manado dengan kategori desain Poster pada tahun 2016. Ajang ini juga yang membawa Naufal Sapaan akrabnya sebagai representasi dari Indonesia di IFAC tahun 2017.

Baca juga:  Syamsuri Firdaus, Sosok Pendiam yang Menjadi Tulang Punggung Keluarga

Pemuda yang bercita-cita menjadi arsitek ini memang senang dengan desain dan menggeluti desain grafis sejak menjadi siswa SMA. Beberapa kompetisi desain poster sering diikuti, desain poster FLS2N 2016 tingkat kota dan provinsi mengantongi namanya sebagai pemenang.

Seni memang sudah menjadi bagian dari diri pemuda ini. Selain memiliki hobi desain anak dari Rahmat Efendi dan Lina Ariati ini juga lihai memainkan gitar dan drum. Ia sering tampil sebagai pemain gitar dan drum di berbagai event. (ham)