Dorong Daya Saing, 80 Mahasiswa NTB Peroleh Beasiswa

Mataram (suarantb.com) – Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTB kembali menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi di NTB. Tahun ini, total beasiswa yang digelontorkan sebesar Rp 720 juta diperuntukkan bagi 80 mahasiwa berprestasi di dua universitas negeri di NTB.

“Ada 80 mahasiswa penerima beasiswa, 40 orang dari Universitas Mataram dan 40 lainnya dari IAIN,” kata Kepala Perwakilan BI NTB, Prijono pada saat adendum kerjasama beasiswa Bank Indonesia kepada 80 mahasiswa Unram dan IAIN, Rabu, 29 Maret 2017.

Dengan pemberian beasiswa ini, diharapkan dapat mendorong daya saing dan potensi yang dimiliki mahasiwa di NTB. Ke depannya, penerima beasiswa diharapkan mampu menjadi role model untuk mahasiswa lainnya.

Terkait daya saing dan kapasitas mahasiswa, Prijono menjelaskan bagaimana mega proyek yang saat ini sedang dibangun di NTB, memberikan potensi besar bagi para mahasiswa lokal untuk dapat menempati posisi-posisi strategis nantinya.

Baca juga:  Gubernur : Belajar ke Luar Negeri Membangun Cara Pandang yang Luas

“Sekarang di Dompu ada pabrik gula, itu kapasitas produksinya besar tapi SDM masih kurang. Belum lagi ada KEK Mandalika dan Global Hub, tentu bisa menyerap banyak tenaga kerja dari level atas sampai paling bawah. Ini kesempatan agar bagaimana kita sebagai mahasiswa lokal bisa menempati posisi itu,” katanya.

Selain itu, peningkatan kapasitas intelektual dari berbagai bidang ilmu juga diharapkan mampu terealisasikan dengan adanya beasiswa ini.

Sejak diluncurkan tahun 2003 di tingkat nasional dan tahun 2009 di NTB, ribuan mahasiswa telah menerima beasiswa BI. Untuk saat ini, Prijono mengaku pihaknya baru menyasar universitas negeri, namun tidak menutup kemungkinan ke depannya beasiswa BI juga terbuka untuk universitas swasta dan jenjang pendidikan SMA.

“Untuk sekarang masih di tingkat perguruan tinggi negeri, karena sumber anggaran baru bisa tersedia untuk perguruan tinggi negeri. Tapi tidak menutup kemungkinan ke depannya akan kita buka untuk swasta dan SMA juga,” ujarnya.

Baca juga:  Gubernur : Belajar ke Luar Negeri Membangun Cara Pandang yang Luas

Mahasiswa yang menerima beasiswa BI ini secara otomatis tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBi). Nantinya mereka akan dilibatkan dalam berbagai program dan kegiatan yang masuk dalam agenda pemberian beasiswa tersebut.

Setiap bulan, penerima beasiswa menerima Rp 750 ribu, sehingga per tahun mereka memperoleh Rp 9 juta. Penerima beasiswa ini menurut Prijono tidak hanya menyasar pada kulifikasi mahasiswa berprestasi saja, namun juga pertimbangan sisi finansial.

Sementara Wakil Rektor III Unram, Dr. Muhammad Natsir dan Wakil Rektor II IAIN, Dr. Ahmad Amir Aziz menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada BI, yang telah mendukung upaya peningkatan akademis dan nonakademis mahasiswa dengan pemberian beasiswa tersebut. (hvy)