Saat TGB Uji Kemampuan Bahasa Inggris Siswi SMAN 5 Mataram

0

Mataram (suarantb.com) – Ada yang unik dalam kunjungan Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi ke sejumlah sekolah dalam rangka sosialisasi larangan membawa ponsel ke sekolah Selasa kemarin, 14 Maret 2017. Memasuki salah satu kelas di SMAN 5 Mataram yang tengah melakukan kegiatan belajar bahasa Inggris, spontan TGB menguji kemampuan berbahasa Inggris mereka.

TGB meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. Salah seorang siswi, Dewi maju dengan percaya diri saat ditunjuk TGB. Ia memperkenalkan diri dan menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan TGB.

“What is your hobby?” tanya TGB. “Swimming,” jawabnya.

“What you want to be in the future?” tanya TGB lagi.

“Doctor,” jawabnya singkat.

Dalam perkenalan itu, TGB juga sempat menuntun siswi lain yang masih kesulitan menyebutkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Selama di dalam kelas itu, TGB seakan ingin menghilangkan kesan pejabat dalam dirinya. Ia membaur dengan siswa-siswi dan mengajak mereka berdiskusi tentang beberapa hal

Selain mengajak berdiskusi singkat perihal larangan membawa ponsel ke sekolah, TGB juga memberikan wejangan. Terutama ia berpesan agar banyak membaca buku.

“Buku itu pembuka masa depan, karena tulisan dalam buku itu pasti berupa kumpulan pengalaman, pengetahuan dan  interaksi sosial penulisnya. Dari situ kalian bisa belajar, kalian masih muda masa depan kalian cemerlang. Baca banyak buku,” ujarnya.

Selain membaca, TGB juga mengingatkan pentingnya pelajaran agama di sekolah. Agama menjadi penting sebab isinya yang mengajarkan tentang kebaikan, mencintai kebenaran dan berbagai nilai kebaikan lainnya.

“Kalau bisa saya katakan, kalian cuma butuh mencintai dua hal dalam hidup, yaitu cinta agama dan cinta bangsa. Dengan begitu kalian akan menjadi generasi yang terbaik,” tandasnya. (ros)