Tingkatkan Minat Baca, Layanan Perpustakaan Keliling Sasar Masyarakat Pesisir

Mataram (suarantb.com) – Dalam rangka meningkatkan minat baca warga perkotaan, pelayanan perpustakaan keliling akan menyasar kawasan pesisir dan pinggiran kota. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kota Mataram, Hj. Siti Miftahayatun mengatakan pihaknya terus berusaha meningkatkan minat baca masyarakat.

“Kami ke depan akan langsung turun ke daerah perbatasan dan pesisir,” jelasnya kepada suarantb.com ditemui di ruang kerjanya, Senin, 13 Februari 2017.

Selama ini menurut Miftah, akses menuju kantornya cukup jauh, khusus bagi warga yang tinggal di pinggiran kota maupun pesisir. Akibatnya masyarakat enggan datang ke Kantor Disarpus yang telah banyak menyediakan berbagai jenis buku bacaan.

Turun langsung ke masyarakat dianggap sebagai langkah efektif untuk mendorong minat baca masyarakat. Untuk mendukung langkah tersebut, pihaknya juga berencana menambah mobil perpustakan keliling. Penambahan mobil ini juga pernah diajukan ke pusat pada 2016 lalu.  Dengan bertambahnya mobil, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan  masyarakat.

“Kita harap, rencana itu terealisasi tahun ini,” ujarnya.

Saat ini Disarpus hanya memiliki satu unit mobil perpustakaan keliling. Mobil ini hanya mampu memenuhi kebutuhan di beberapa lokasi. “Mobil itu hanya melayani di Jalan Udayana, Taman Sangkareang dan Pantai Ampenan,” sebutnya.

Mantan staf ahli ini menginginkan Disarpus tak hanya sebagai tempat membaca dan meminjam buku, tetapi juga sebagai tempat penyelenggaran kegiatan umum lainnya. Kegiatan itu diharapkan mampu menarik perhatian masyarakat untuk terus mengunjugi Disarpus.

Miftah mengungkapkan akan mengundang SKPD di Kota Mataram untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan di Disarpus sebagai mitra kerjasama. “Kami juga berencana mengundang SKPD yang lain untuk menyelenggarakan kegiatan di sini,” jelasnya. (anh)