Dewan Sebut Kesiapan UNBK di Mataram Tak Ada Kendala

Mataram (suarantb.com) – DPRD Kota Mataram optimis dengan kelangsungan pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di Kota Mataram. Menurut Ketua Komisi IV DPRD Kota Mataram, H. Muhir, sejauh ini tak ada kendala untuk persiapan UNBK ini, khususnya UNBK untuk SMP dan SD.

Muhir mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mataram terkait hal tersebut. “Tidak ada kendala dan berjalan terus sesuai harapan,” jelasnya dihubungi suarantb.com, Rabu, 1 Februari 2017.

Berbagai fasilitas pendukung untuk UNBK juga telah dianggarkan. Pelaksanaan UNBK berada di bawah tanggung jawab Dinas Dikbud kabupaten/kota. Sedangkan untuk tingkat SMA telah diambil alih kewenangannya oleh Dinas Dikbud NTB.

Untuk mengantisipasi kemungkinan adanya peserta UNBK yang tidak dapat mengoperasikan komputer, Muhir menyarankan agar diberikan pembinaan khusus. Hal ini juga telah dibahas bersama Dinas Dikbud Kota Mataram. Terkait sekolah mana saja yang sudah dilakukan pembinaan, ia mengatakan belum menerima informasi dari Dikbud.

“Tapi yang jelas sudah dilakukan,” katanya.

Terkait kemungkinan pelaksanaan UN secara manual atau Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), menurutnya tak mungkin lagi diterapkan. Pasalnya saat ini perkembangan teknologi cukup canggih. Selain sebagai salah satu syarat menyelesaikan proses pendidikan di tingkat  SD, SMP dan SMA, UNBK bertujuan memberikan pemahaman dari awal kepada siswa terkait teknologi. (anh)