UMM Agendakan Wisuda Sekali Setahun

0

Mataram (suarantb.com) – Pelaksanaan wisuda S1 dan D3 Universitas Muhammadiyah Mataram (UMM) diagendakan sekali setahun. Wisuda direncanakan berlangsung pada September mendatang. Penetapan wisuda sekali dalam setahun ini karena nama-nama calon wisudawan harus dikirim ke Kopertis Wilayah XIII untuk verifikasi.

“Proses ini dilakukan agar ijazah yang dimiliki oleh mahasiswa terdaftar di Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dan memiliki Penomoran Ijazah Nasional (PIN),” terang Rektor UMM, Drs. H. Mustamin H. Idris MS di ruang kerjanya Selasa, 31 Januari 2017.

Agenda wisuda ini juga berdasarkan keputusan terbaru dari Kemenristek Dikti terkait proses verifikasi.
Proses verifikasi dilakukan untuk memberikan PIN bagi mahasiswa yang akan diwisuda. Sedangkan pelaksanaan yudisium dijadwalkan pada Maret-Agustus.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, saat akan melaksanakan wisuda, pihak kampus hanya tinggal melapor ke Kopertis.
Mahasiswa yang telah mengikuti yudisium akan mendapatkan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi untuk keperluan kerjanya. Ijazah dan transkrip nilai asli akan diterima saat prosesi wisuda.

“Kalau pun dipaksakan wisuda tepat waktu periode Maret mendatang tidak sampai ratusan orang,” ujar Mustamin.

Pihak kampus akan mengirimkan nama calon peserta wisuda ke Kopertis sebulan sebelum wisuda dilaksanakan. Kemudian Kopertis akan memverifikasi nama mahasiswa. Verifikasi meliputi mata kuliah yang ditempuh dan pembiayaan kuliahnya serta urusan studi lainnya.

Selanjutnya nama mahasiswa yang dinyatakan lolos verifikasi akan dikirim kembali ke kampus. Kemudian kampus akan mengumumkan nama-nama mahasiswa yang berhak mengikuti wisuda.

“Agenda wisuda ini juga berdasarkan keputusan terbaru dari Kemenristek Dikti tentang pelaksanaan wisuda perguruan tinggi baik negeri maupun swasta,” jelas Mustamin. (anh)