Bupati KSB Minta Guru Rajin Baca dan Menulis

Taliwang (Suara NTB) – Bupati KSB, Dr. Ir. H. W. Msuyafirin, MM berpesan kepada para guru untuk selalu rajin membaca dan menulis. Aktivitas membaca dan menulis secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan seorang tenaga pengajar.

“Apa saja. Kuncinya rajin membaca dan menulis. Maka niscaya akan banyak pengetahuan yang dapat diperoleh dan ini sangat penting bagi seorang tenaga pengajar. Makanya saya minta kepada seluruh guru mulai rajin melakukan aktivitas ini (membaca dan menulis),” cetus bupati dalam sambutannya saat membuka kegiatan workshop karya tulis ilmiah yang dilaksanakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) KSB, Senin, 17 Oktober 2016.

Bupati menyatakan, membaca dan menulis adalah cara efektif menambah informasi dan keilmuan seorang guru. Sebab dewasa ini hampir seluruh pengetahuan disajikan dalam bentuk literasi dan kehadirannya dapat kapan saja dan di mana saja. “Di mana-mana kita bisa menemukan informasi yang berguna dan itu disajikan dalam bentuk tulisan. Dan untuk lebih memahaminya, setelah membaca, menuliskannya kembali adalah cara terbaik untuk mendalami setiap informasi (pengetahuan) itu,” cetusnya.

Ia pun berharap kepada guru yang hadir, untuk sungguh-sungguh mengikuti seluruh rangkaian acara. Sebab kegiatan workshop karya tulis ilmiah ini merupakan pengetahuan yang akan sangat berguna bagi para guru. “Saya kira semua orang harus punya kemampuan menulis yang baik. Terutama para guru, karena aktivitasnya sangat erat dengan transfer ilmu pengetahuan kepada murid-muridnya,” sebutnya seraya menyampaikan terima kasih kepada IGI KSB yang telah menginisiasi kegiatan tersebut.

Sementara itu ketua IGI KSB, Surya Jaya, ST mengatakan, kegiatan workshop ini merupakan kegiatan ketiga yang dilaksanakan pihaknya. Sebelumnya dua agenda acara berturut-turut diadakan yakni Seminar Nasional Literasi  Berbasis Teknologi Informatika dan Workshop membuat aplikasi pembelajaran berbasis Android. “Tujuan kegiatan ini kami adakan tidak lain untuk meningkatkan kapasitas guru di KSB,” sebutnya. “IGI  Sumbawa Barat berkomitmen dengan ikhlas, jujur, dan sungguh-sungguh untuk melaksanakan peningkatan kapasitas dan profesionalisme di Tanah Pariri Lema Bariri,” imbuhnya. (bug)