Ajarkan Keberagaman Bangsa Lewat Lomba Mewarnai

Mataram (suarantb.com) – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-71 tahun dan HUT Kota Mataram ke-23 tahun yang jatuh pada tanggal 31 Agustus, Pemerintah Kelurahan Pagutan Barat, Kecamatan Mataram menggelar berbagai lomba yang mulai dilaksanakan pada Minggu, 21 Agustus 2016. Salah satu lomba yang diselenggarakan adalah lomba menggambar dan mewarnai yang diikuti puluhan anak.

Dengan diselenggarakannya lomba mewarnai ini, anak-anak diajarkan tentang keberagaman bangsa. Camat Mataram, Amran M. Amin menyampaikan lomba yang digelar tersebut bukan hanya sebatas menggambar dan mewarnai, namun memiliki makna filosofis yang mendalam. “Dalam gambar kalau hanya satu warna kita melihatnya menjadi tidak elok, tidak indah. Tapi harus disinergikan dengan semua warna dalam satu bingkai sehingga terlihat indah,” jelasnya saat membuka kegiatan yang berlangsung di lapangan Lingkungan Griya Pagutan Indah.

Ragam warna yang terbingkai dalam satu gambar tersebut merupakan potret keragaman masyarakat yang berasal dari berbagai suku, agama, dan ras. Jika dibingkai menjadi satu, maka keberagaman warna itu akan nampak indah, sebagaimana bangsa Indonesia yang masyarakatnya sangat beragam. “Ini untuk mengajarkan pada anak-anak kita bahwa bangsa Indonesia ini memiliki keragaman. Dan nilai-nilai itulah yang harus kita tanamkan pada anak-anak kita,” ujarnya.

Amran juga mengajak semua elemen masyarakat untuk meneguhkan persatuan dalam keberagaman. Selain itu ia juga mengajak semua pihak, khususnya warga Pagutan Barat untuk mengajarkan nilai-nilai keberagaman kepada anak-anaknya. Ia juga menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan untuk memeriahkan HUT RI dan HUT Kota Mataram tersebut. “Saya sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada lurah dan seluruh elemen masyarakat. Karena dengan sinergitas, kebersamaan, dan soliditas di antara warga apa yang dilaksanakan pada pagi hari ini dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu Lurah Pagutan Barat, Cahya Samudra menyampaikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan pihaknya dalam rangka memperingati HUT RI dan HUT Kota Mataram diharapkan dapat memupuk dan menumbuhkembangkan semangat patriotisme dan semangat juang dalam diri anak-anak. Selain itu diharapkan juga dapat menumbuhkan kebanggaan menjadi warga Kota Mataram.

Selain lomba menggambar dan mewarnai, beberapa lomba yang diselenggarakan yaitu lomba melukis, lomba pidato, dan lomba kreasi tumpeng merdeka. Cahya menyampaikan pihaknya juga berharap ke depan Kota Mataram semakin maju. “Indonesia juga semakin kuat dan bisa menjadi negara baldatun thayyibatun wa rabbun ghafûr,” harapnya. (ynt/*)