Dewan Ingatkan Jangan Ada Pungli dalam PPDB

Mataram (suarantb.com) – DPRD Kota Mataram mengingatkan kepada seluruh sekolah di Kota Mataram agar jangan ada pemberlakukan pungutan liar (pungli) dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2016/2017. “Kami mengimbau kepada semua SMK, SMA, SMP supaya jangan melakukan pungutan liar,” tegas Ketua Komisi IV DPRD Kota Mataram, H. Muhir kepada suarantb.com, Jum’at, 15 Juli 2016.

Semua jalur PPDB, baik jalur prestasi, daring (online), maupun jalur Bina Lingkungan (BL) harus melalui mekanisme seleksi yang bersih, tanpa pungli. Khusus jalur BL, Muhir mengingatkan kepada semua sekolah agar tidak memberlakukan uang pembangunan. “BL ini jangan dimintakan uang, yaitu uang pembangunan. Itu tidak ada,” tegasnya.

Menurutnya semua lapisan masyarakat mengharapkan semua sekolah, baik itu SD, SMP, SMA maupun SMK menjadi sekolah yang benar-benar berkualitas tanpa pungli. Masyarakat mengharapkan seleksi yang dilakukan merupakan seleksi yang bersih untuk menjaring peserta didik yang benar-benar berkualitas, tanpa harus menyerahkan sejumlah uang untuk dapat masuk ke sekolah yang diinginkan.

Ia juga meminta Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram mengimbau sekolah-sekolah yang ada dalam naungannya agar benar-benar memperhatikan hal tersebut. Jangan sampai membiarkan oknum-oknum tertentu menyalahgunakan PPDB ini demi keuntungan pribadi. “Jangan sampai ada pungli-pungli. Ini saya minta harapan dari masyarakat,” pungkasnya. (rdi)