Penderita HIV/AIDS Meningkat di Dompu

Dompu (Suara NTB) – Penderita penyakit menular HIV/AIDS tahun 2016 di Dompu mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Penderitanya didominasi kalangan remaja usia produktif.

Kabag Kesra sekaligus Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Kabupaten Dompu, H. Zulkifli Lubis, S.Sos kepada wartawan, Kamis, 1 Desember 2016 mengatakan, dari data yang dikantongi sampai saat ini memang terjadi  peningkatan dan diperkirakan masyarakat yang belum teridentifikasi pun masih cukup banyak.

Iklan

“Itu yang baru kedapatan melalui sampel darah. Yang belum ini, ibarat fenomena gunung es,” jelasnya.

Zulkifli Lubis menegaskan, untuk mencegah penyebaran penyakit HIV AIDS secara luas, perlu diupayakan penguatan ketahanan keluarga. Minimal menerapkan lima peran keluarga seperti pendidikan anak, kesehatan, ekonomi, pergaulan dan ilmu agama.

Sementara itu terkait persentase peningkatan penderita penyakit HIV/AIDS, H. Zulkifli, belum bisa mengungkapkan angka pastinya. Namun yang jelas, terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Dari para penderita yang ditemukan ini, faktor penyebabnya sangat beragam. Mulai hubungan seks berganti pasangan, pengaruh makanan, keturunan dan beberapa faktor lainya.

“Terjadinya HIV/AIDS ini tidak hanya karena hubungan kelamin, dari suntik bisa, atau tertular atas perbuatan orang tuanya juga bisa,” jelasnya.

Masyarakat yang menderita penyakit ini dilihat dari jenis kelaminnya didominasi kaum perempuan, usianya rata-rata pada usia produktif. Bahkan ada juga yang ditemukan pihaknya balita yang mengalami penyakit ini. Sementara langkah yang diambil pihaknya untuk menekan kasus tersebut, sejauh ini dilakukan dengan mengintensifkan sosialisasi. Baik terjun langsung ke tengah masyarakat maupun masuk ke satuan pendidikan.

“Tetap kita sosialisasi, kemarin kita masuk ke SMA 2 Woja, dan kegiatan itu kita koordinasikan dengan Dikes atau RSUD,” tandasnya. (jun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here