Pendaftaran CPNS Masih Minim Pelamar

Baiq Nelly Kusumawati. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) telah memperpanjang pendaftaran calon pegawai negeri sipil sampai 26 Juli pekan depan. Hingga kemarin jumlah pelamar di Pemkot Mataram masih minim. Sejumlah formasi juga belum terisi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati mengakui, jumlah pelamar CPNS tahun ini, cenderung menurun. Dibandingkan penerimaan tahun 2020 lalu, dari 272 formasi terdapat 4.800 pendaftar. Sementara tahun ini, baru mencapai 1.588 pendaftar. “Iya, cenderung menurun dibandingkan tahun kemarin,” jawab Nelly dikonfirmasi, Kamis, 22 Juli 2021.

Iklan

Dari segi persyaratan sebenarnya tidak terlalu ketat. Menurutnya, syarat yang ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi hampir sama. Pelamar memang perlu melampirkan persyaratan khusus bagi formasi tertentu.

Justru Nelly menduga turunnya jumlah pelamar dipicu formasi tenaga pendidik atau guru beralih ke formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis kuotanya terbatas. Akhirnya, pelamar memilih peluang lebih besar di daerah lainnya karena tidak mau berkompetisi. “Sekarang cuma formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis saja. Guru sudah beralih ke P3K. Dulu yang membuatnya banyak pelamar itu karena formasi guru masih masuk CPNS,” terangnya.

Menjelang penutupan pendaftaran, formasi dokter spesialis forensik dan dokter spesialis urulogi tidak ada pelamar. Seluruh formasi, kata Nelly, diberikan oleh MenPANRB. Artinya, jika tidak ada pelamar dibiarkan kosong begitu saja. Pihaknya tidak bisa mengusulkan pergantian, karena telah menjadi risiko pemerintah daerah. “Pasti kita akan sampaikan melalui grup kepala BKSPDM seluruh Indonesia,” tandasnya.

Kendati demikian, empat hari menjelang penutupan pendaftaran diharapkan jumlah pelamar bertambah signifikan, sehingga formasi kosong terisi seluruhnya. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional