Pendaftaran CPNS, Lamaran Sedang Diverifikasi

H. Ahmad Mujahiddin. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Lingkup Pemkot Mataram segera berakhir pada Senin, 26 Juli 2021. Berkas lamaran sedang diverifikasi dan validasi. Pelamar diberikan kesempatan melakukan sanggahan bilamana dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Kepala Bidang Pengembangan Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, H. Ahmad Mujahiddin menerangkan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) telah memperpanjang masa pendaftaran penerimaan CPNS. Kebijakan ini dikeluarkan untuk mengakomodir formasi guru yang masuk formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Pasalnya, pelamar mengalami kesulitan mengunduh dokumen untuk diverifikasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Perpanjangan ini untuk mengakomodir teman – teman guru. Karena banyak yang kesulitan saat meng-upload lamarannya yang tidak terbaca oleh sistem. Ada yang tidak sesuai dengan KTP dan ijazah dan lain – lain,” kata Muja.

Iklan

Berbeda halnya dengan pelamar formasi CPNS tetap berjalan. Pihaknya masih memverifikasi dan validasi dokumen yang masuk. Muja mengaku, penentuan apakah pelamar di memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat belum bisa diputuskan. Hal ini perlu dikoordinasikan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), kemungkinan ada kebijakan bisa memberikan kesempatan bagi pelamar. “Misalnya, ada kesalahan sedikit saja di surat lamarannya. Kalau langsung kita TMS – kan kasian. Makanya, kita komunikasikan dulu supaya nanti jelas,” ujarnya.

Kendati demikian, pelamar diberikan kesempatan melakukan sanggahan. Sanggahan dimaksud bilamana dokumen telah dilampirkan dianggap sesuai dan memenuhi syarat. Tim verifikasi akan mencocokkan sesuai dokumen dikirim dengan dokumen aslinya. “Pasti ada jejak digital. Itu nanti dicocokkan,” sambungnya.

Diketahui, jumlah pelamar yang telah mendaftar dan menentukan formasi sampai 23 Juli 2021 pukul 12.00 Wita berjumlah 1.805 orang. Dari 884 jatah formasi diterima, sebanyak 738 formasi P3K dan 146 formasi CPNS terdiri dari 118 formasi tenaga kesehatan dan 28 formasi tenaga teknis.

Khusus formasi nakes, jabatan dokter spesialis defisit pelamar. Jabatan kosong di antaranya dokter spesialis bedah anak, spesialis thoraks dan kardiovaskular, dokter spesialis forensic, spesialis onkologi radiasi, dokter spesialis patologi klinik, dokter spesialis THT dan dokter spesialis urulogi. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional