Pendaftaran CPNS Kota Mataram Dibuka

H. Ahmad Mujahiddin. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram mulai membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pelamar harus lebih teliti memperhatikan syarat dan mekanisme pedaftaran. Ketidaktelitian melampirkan persyaratan berpeluang tidak memenuhi syarat (TMS).

Kepala Bidang Pengembangan Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, H. Ahmad Mujahiddin menyampaikan, pendaftaran CPNS telah dibuka mulai tanggal 30 Juni – 21 Juli. Masyarakat dapat mengakses informasi melalui website dan mendaftar melalui aplikasi e – SSCASN. “Pendaftaran sudah kita buka mulai 30 Juni – 1 Juli,” kata Muja ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 30 Juni 2021.

Iklan

Muja mengingatkan, pelamar harus teliti memperhatikan syarat dan mekanisme pendaftaran. Syarat yang ditetapkan secara nasional sama. Tetapi ada beberapa persyaratan jabatan tertentu yang ditambah oleh instansi. Misalnya, jabatan dokter spesialis mungkin selain melampirkan ijazah dokter umum, juga melampirkan ijazah dokter spesialis.

Hal kecil lainnya adalah, tujuan surat lamaran. Pelamar harus teliti mencantumkan tujuan surat lamaran. Kesalahan menulis tujuan surat lamaran berpotensi TMS. “Ngelamarnya ke kota tetapi tujuan suratnya ke Gubernur. Atau melamar sebagai tenaga kesehatan tetapi tujuan suratnya ke rumah sakit. Seharusnya, melamar sebagai tenaga kesehatan di Kota Mataram tujuan suratnya ke Walikota Mataram,” terangnya.

Muja menyarankan seluruh mekanisme persyaratan dibaca secara lengkap. Pelamar harus teliti membaca syarat dan mekanimse karena itu bagian dari tes. Terkait dengan pendaftaran pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Disampaikan, pihaknya hanya mengumumkan saja. Proses seleksi administrasi serta verifikasi dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun pemberkasan melibatkan daerah, apabila pelamar telah dinyatakan lulus seleksi. “Kalau P3K kita hanya mengumumkan saja. Semuanya diurus oleh Kemendiknas,” ujarnya.

Diketahui, jumlah kouta CPNS dan P3K diterima Kota Mataram sebanyak 884 formasi. Terdiri dari 738 formasi P3K khusus tenaga pendidik dan 146 formasi CPNS yang terdiri dari 118 tenaga kesehatan dan 28 tenaga teknis. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional