Pendaftaran Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Dimulai Awal September

Anggota KPU Kota Mataram, Syaifuddin menjelaskan mekanisme dan persyaratan pencalonan bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Mataram yang maju melalui partai politik maupun perseorangan pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Komisi Pemilihan Umum Kota Mataram mulai membuka pendaftaran bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Mataram pada awal September mendatang. Syarat dukungan baik melalui partai politik dan perseorangan harus terpenuhi. Mekanisme, alur serta syarat pendaftaran mulai disosialisasikan ke partai politik. Parpol diwajibkan melengkapi dokumen atau berkas sebagai partai pengusung. Demikian juga dengan bapaslon perseorangan.

“Hari ini kita mulai sosialisasi ke semua parpol,” terang Ketua KPU Kota Mataram, M. Husni Abidin ditemui, Rabu, 12 Agustus 2020. Pendaftaran Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Mataram dimulai tanggal 4-6 September mendatang. Secara detail disampaikan Husni, pendaftaran pada hari pertama dan kedua dimulai pukul 08.00 – 16.00 Wita. Sedangkan, hari terakhir penutupan pendaftaran sampai pukul 24.00 Wita.

Iklan

Bapaslon yang maju melalui jalur parpol politik berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) 18 Tahun 2019 pasal 5 harus memperoleh dukungan dari parpol atau gabungan parpol paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi di dewan perwakilan rakyat daerah. Atau, 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah seluruh parpol dalam pemilu anggota Dewan perwakilan rakyat terakhir di daerah yang bersangkutan. “Kita sudah clear tanggal 4-6 September atau Jumat – Minggu pendaftaran,” sebutnya.

Peluang pendaftaran dibuka baik jalur parpol maupun non parpol. Untuk calon perseorangan saat ini, masih tahap verifikasi faktual. Penentuan hasil verfak akan diumumkan sekitar 20 Agustus. Apakah bapasalon H.Dianul Hayezi dan H.Badrun Nadianto dinyatakan memenuhi syarat atau sebaliknya. “Kalau dinyatakan memenuhi syarat secara otomatis mereka berhak ikut mendaftar bersama parpol pada tanggal 4-6 September,” ujarnya.

Dijelaskan, saat pendaftaran bapaslon wajib menghadirkan bakal Walikota dan Wakil Walikota. Selain itu, pengurus partai juga mendampingi karena ketua dan sekretaris partai akan menandatangani berita acara sebagai partai pengusung bapaslon pada Pilkada 9 Desember mendatang. (cem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here