Pendaftaran Bakal Caleg Kemungkinan di Ujung Waktu

Mataram (Suara NTB) – KPU Kota Mataram, sampai 15 Juli, belum menerima pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) dari partai politik. Diprediksi Parpol akan mendaftarkan Bacalegnya pada Injury time atau akhir waktu pendaftaran.

Komisioner KPU Kota Mataram, Bedi Saparwadi, SE., mengakui sampai 15 Juli belum ada satupun Parpol yang mendaftarkan bacaleg mereka. Parpol rata- rata banyak terkendala penggunaan aplikasi sistem informasi pencalonan (Silon). “Sampai saat ini belum ada,” jawab Bedi dikonfirmasi, Minggu, 15 Juli 2018.

Iklan

KPU telah memanggil seluruh Parpol di Mataram, untuk memanfaatkan help desk. Wadah ini bisa digunakan penghubung Parpol untuk menyelesaikan permasalahan pencalonan. Kata Bedi, KPU memberikan pelayanan waktu tambahan bagi parpol yang hendak berkonsultasi untuk kebutuhan Silon.

“Operator tidak sampai jam 16.00 saja. Jika ada komunikasi mereka siap melayani di atas jam itu,” katanya.

Kalau melihat tren ujar Bedi, Parpol akan ramai mendaftar tanggal 16 dan 17 Juli. Partai Nasdem dan Berkarya sudah berkomunikasi dengan KPU, mendaftar besok (Senin hari ini,red). “Yang sudah pasti baru dua parpol. Yang lain belum kita tahu apakah hari Senin atau Selasa,” ujarnya.

Secara teknis disampaikan, Parpol yang telah mendaftarkan Bacalegnya akan dilakukan seleksi berkas administrasi. Jika dinilai tidak lengkap, Parpol diberikan waktu selama tujuh hari atau 22- 31 Juli untuk masa perbaikan.

Verifikasi kembali dilakukan 1-7 Agustus. Dilanjutkan dengan penetapan daftar calon sementara 8-12 Agustus. “Penetapan DCT tanggal 20 Agustus,” demikian kata Bedi. (cem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here