Pencairan Bansos Covid-19 Masuk Tahap Lima

Ahmad Yani. (Suara NTB/dok)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pemkab Sumbawa melalui Dinas Sosial (Disos) terus melanjutkan pencairan bantuan sosial (bansos) khusus covid-19. Bantuan tersebut kini sedang proses pencairan tahap kelima untuk 160 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Disos Kabupaten Sumbawa, Ir. Ahmad Yani menyebutkan, bansos khusus Covid-19 sebagai bentuk intervensi Pemda Sumbawa untuk penanganan covid-19 melalui APBD 2021. Sasaran bansos khusus ini adalah yang terpapar positif sesuai hasil rapid antigen dan swab, sebesar Rp 600 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Saat ini penyalurannya memasuki tahap kelima. “Realisasi penyalurannya memasuki tahapan kelima yang kini dilakukan pembukaan rekening kolektif (Burekol),” ujarnya.

Iklan

Dijelaskannya,  teknis penyaluran bantuan  ada dua pola, yaitu dengan pembukaan rekening dan non rekening. Proses pencairannya secara administrasi dapat menunjukkan bukti tes rapid antiden atau swab, KTP dan KK. “Data-data tersebut,  Dinas Sosial mengambilnya pada Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten  Sumbawa yang dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan,” terangnya.

Sejauh ini, lanjutnya, pihaknya sudah melakukan penyaluran bansos khusus tahap satu kepada 451 KPM. Kemudian tahap dua  sebanyak 167 KPM, tahap tiga sebanyak 107 KPM, dan tahap  empat sebanyak 98 KPM. Sedangkan tahap lima  yang sedang berproses sebanyak 160 KPM. Adapun untuk tahap enam sedang dalam proses pengusulan. “Tahap proses pengusulan tahap 6 sebanyak 308 KPM,” ungkapnya.

Ia menambahkan, program Bansos Khusus ini sebagai  wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Sumbawa terutama dalam Jaring Pengaman  Sosial, selain dampak kesehatan dan stimulus ekonomi.(ind)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional