Penataan Loang Baloq Dikerjasamakan dengan Pemprov NTB

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram akan melakukan penataan destinasi  Taman Wisata Loang Baloq (TWLB). Penataan ini diintervensi melalui kerjasama dengan Dinas Pariwisata NTB.

Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang, Kamis, 16 November 2017 menjelaskan, pemerintah berkeinginan melakukan perluasan pemanfaatan ruang terbuka hijau (RTH) di Loang Baloq.

Iklan

Dikatakan, pemanfaatan ini sudah dikoordinasikan dengan Dispar NTB. Dan, rencananya di 2018 akan diintervensi penataannya. “Kami sudah mengirim proposal dengan desainnya ke Provinsi. Bahkan, secara lisan sudah disampaikan oleh Pak Wakil Walikota,” kata Martawang.

Dia mengharapkan, dukungan penganggaran diberikan oleh Pemprov seperti penataan di eks Pelabuhan Ampenan berlanjut pada 2018. Sebab,konteksnya ini merupakan bagian dari kawasan strategis provinsi seharusnya ketersediaan fasilitas publik untuk masyarakat maupun tamu berasal dari luar kota dapat terpenuhi.

Martawang menyebutkan, proposal anggaran diajukan penataan TWLB sebesar Rp 3,4 miliar. Di sana akan disiapkan public space, tempat bermain anak serta fasilitas lainnya. “Anggarannya tentu tidak semuanya terpenuhi. Mungkin bisa bertahap,” ujarnya.

Martawang menambahkan, lahan sebenarnya sempat ingin dikelola oleh PT. Mas Murni Sejahtera. Investor ini dinilai wanprestasi sehingga diputus kontrak. Terhadap pemutusan kontrak itu, secara otomatis jadi hak pemerintah. (cem)