Penataan Jalur Baru Gili Mas – Sekotong – Mandalika Perlu Diperhatikan

Anggota komisi V DPR RI didampingi Wagub NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah dan Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid saat meninjau pelabuhan kapal pesiar Gili Mas, Lembar, Senin, 11 Oktober 2021.(Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Anggota Komisi V DPR RI, Sadewo melakukan kunjungan kerja ke Gili Mas, Desa Labuan Tereng, kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra itu berkomitmen menganggarkan untuk infrastruktur pelabuhan dan sarana pendukung lainnya.

Gayung bersambut, Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid yang mendampingi pun meminta agar pemerintah melakukan penataan kawasan pelabuhan dan pembangunan akses jalan baru dari Gili Mas menuju Mandalika melalui jalur kawasan Lembar-Sekotong.

Iklan

Anggota komisi V DPR RI tersebut turun didampingi Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah, Bupati Lobar dan jajaran serta GM Pelindo III Lembar, Baharudin. Sadewo mengatakan komisi V akan memberikan dukungan dalam hal penganggaran bilamana Pelindo membutuhkan. “Selama ini sarana prasarana bisa diatasi pihak Pelindo. Tapi akses jalan misalnya, dari Mataram ke sini bisa kami dukung melalui anggaran APBN, melalui kementerian PUPR,” jelas dia, Senin, 11 Oktober 2021.

Dikatakan, aspirasi di atas akan ditindaklanjuti, karena itu menjadi komitmen dari  pusat melalui kementerian PUPR untuk provinsi NTB. Hal ini juga menjadi alasan kenapa Pelindo membangun pelabuhan kapal pesiar sebagai hasil koordinasi di tingkat Pusat.

Sementara itu, Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid mengatakan pihak Pemkab berharap kepada Komisi V DPR RI untuk memprioritaskan penataan kawasan dan jalan baru dari Gili Mas ke Mandalika. “Harapan kami ke komisi DPR RI ini terkait penataan Kawasan dan jalan baru Gili Mas – Sekotong menuju Mandalika,” tegas Bupati.

Dikatakan Fauzan, dari sisi RTRW sudah masuk usulan baik di tingkat kabupaten maupun provinsi. Menurutnya bisa dibayangkan kalau jalur ini dibangun, maka pengangkutan logistik lebih cepat. Berbeda kalau dari Gili Mas menuju jalur bandara, lumayan padat. “Karena itu kita ajukan alternatif jalan dari Gili Mas langsung ke Mandalika,” ujarnya. Hal ini juga menjadi konsentrasi dari Pemprov, bahkan komisi V berkomitmen mendukung.

Sementara itu, Wagub NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah mengatakan komisi V ini ingin meyakinkan infrastruktur terkait event WSBK dan MotoGP di sirkuit Mandalika. “Karena Gili Mas menjadi pintu masuk kedatangan visitor, tamu,” jelasnya. Terkait penanganan akses jalan, semua sudah masuk perencanaan di provinsi maupun pusat.

GM Pelindo III Lembar mengatakan pihaknya Sudah siap menyambut tamu WSBK. Sejauh ini untuk akses pengangkutan rata-rata dari Banyuwangi. “Tiga armada di jalur Banyuwangi, dan Surabaya tiga unit armada,” sebut dia. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional