Penataan Eks Pelabuhan Ampenan Dianggarkan Rp 2 Miliar

Mataram (suarantb.com) – Pemkot Mataram akan menata ulang eks Pelabuhan Ampenan yang dimulai tahun ini. Desain induk penataan telah dirancang arsitek ternama dengan konsep yang lebih modern namun tanpa meninggalkan unsur kelokalan.

Untuk penataan tahap awal, akan disiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar. Demikian disampaikan Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, Selasa, 16 Mei 2017. Dana Rp 2 miliar tak hanya dari Pemkot Mataram, melainkan ada juga kontribusi dari Pemprov NTB.

Iklan

Ia menyebutkan ada dua SKPD Pemprov NTB yang akan terlibat dalam penataan ini yaitu Dinas Pariwisata dan Dinas Perdagangan. Sementara dari Pemkot Mataram sendiri akan dilaksanakan beberapa SKPD di antaranya Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), Dinas Perdagangan, dan Dinas PKP (Perumahan dan Kawasan Permukiman).

Pada tahap pertama, yang akan ditangani ialah pembangunan ruang terbuka hijau atau taman di sisi utara eks Pelabuhan Ampenan. Taman akan dibangun di lahan tempat berdirinya lapak PKL saat ini. “Ruang publiknya dulu. Tapi paralel dengan itu juga, termasuk lokasi PKL pertama dibangun,” lanjutnya.

Dalam desain induk, taman akan dibuat dengan konsep modern. Pola taman ini akan bercorak motif songket khas daerah ini. Sedangkan di tengahnya akan dibangun teater terbuka dengan atap yang didesain mirip cangkang keong. Ekspose tahap dua rencana penataan kawasan ini telah dilaksanakan pekan lalu mengundang SKPD lingkup Pemkot Mataram dan perwakilan Pemprov NTB. (mai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here