Penanganan Sampah di TPA Batu Putih Memprihatinkan

Nampak lokasi TPA Batu Putih yang kondisinya sudah semakin memprihatinkan.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Kepala UPTD Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Saiful Muslimin SE, menyebutkan bahwa kondisi TPA Batu Putih saat ini sangat memprihatinkan. Sebab lindi (tempat penampungan cairan limbah) buntuh dan cerobong gas metan hancur sejak beberapa tahun lalu belum lagi tumpukan sampah terus menggunung.

“Dua fasilitas tersebut kami anggap sangat penting, karena rawan terjadi kebakaran dan masalah lingkungan lainnya,” ungkapnya kepada Suara NTB, Rabu, 17 November 2021. Selain ini kondisi armada pengangkut sampah juga sangat minim sehingga berdampak tidak maksimalnya pengelolaan sampah yang dilakukan.

Iklan

Kerusakan terhadap fasilitas penting tersebut lanjutnya sudah terjadi sejak lima tahun silam dan belum ada penanganan lanjutan.  Dirinya khawatir jika lima tahun kedepan fasilitas tersebut tidak kunjung diperbaiki akan berdampak pada ledakan metan dan kebakaran parah. Belum lagi kesehatan para operator sampah juga akan berdampak karena buruknya fasilitas dimaksud. Apalagi sampah pasti akan tetap menumpuk karena minimnya pengolahan yang dilakukan. “Kami berharap dua sarana penunjang tersebut bisa diperbaiki karena dampaknya sangat buruk jika dibiarkan,” sebutnya.

Sementara dari segi armada pengangkutan, dari 27 unit kendaraan roda tiga, dua truk dan satu ambrol, kondisinya saat ini sangat memprihatinkan. Apalagi saat ini tidak ada peremajaan yang dilakukan karena terkendala anggaran. Untuk itu, dirinya berharap bisa diberikan porsi anggaran yang fokus terhadap persoalan sampah ini. Apalagi dengan capaian STBM yang tuntas saat ini akan menjadi naif ketika masih ada sampah yang tidak tertangani. “Kami berharap anggaran untuk penanganan sampah bisa lebih maksimal, apalagi kita sudah mendeklarasikan tuntas lima pilar STBM. Sehingga akan sangat naif jika sampah masih ditemukan berserakan tidak terangkut,” tukasnya. (ils)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional