Penanganan Jalan Rusak di Telaga Lebur Belum Jelas

Kondisi ruas jalan kabupaten di dusun Telaga Lebur desa Sekotong Tengah ini rusak parah akibat longsor dan banjir beberapa waktu lalu.Penanganan ruas jalan ini hingga kini belum jelas.(Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Organisasi perangkat daerah (OPD) di Lombok Barat (Lobar) saling lempar tanggung jawab menangani jalan kabupaten yang rusak di dusun Telaga Lebur Desa Sekotong Tengah yang rusak akibat bencana banjir beberapa waktu lalu.Antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melempar penanganan perbaikan ruas jalan itu ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Begitupula Dinas PUPR beralasan penanganan jalan secara darurat karena kerusakan dampak bencana sehingga  menjadi kewenangan BPBD.

Dikomfirmasi Suara NTB secara terpisah, kepala Pelaksana BPBD Lobar, Mahnan mengaku terkait penanganan ruas jalan itu memang masuk ke Dinas PU.”Soalnya dia (PUPR) yang tangani pemeliharaan jalan,”kata Mahnan, Kamis, 18 Maret 2021. Namun demikian, rencananya ia akan turun mendampingi Wabup untuk mengecek kondisi jalan rusak tersebut. Sekalian akan turun mengecek penanganan banjir di Labuhan Tereng kecamatan Lembar. Nantinya hasil pengecekan lapangan ini akan dikaji langkah penanganan selanjutnya.

Iklan

Sementara itu, Kadis PUPR Lobar, Made Arthadana mengatakan pihaknya tidak memiliki anggaran untuk penanganan jalan itu.Sehingga untuk penanganan darurat masuk ke BPBD.”Intinya kita usulkan skema penanganan darurat ke pak bupati melalui kepala BPBD,”jelas dia.

Pihaknya akan bekerja dibawah payung BPBD karena termasuk kondisinya darurat. Karena PU sendiri akan masuk pada penanganan pascabencana. Sehingga program penanganan akan dialokasikan melalui BPBD. Lebih-lebih dana yang bisa dipakai cepat untuk penanganan cepat dan transisi ada anggaran darurat di BPBD. “Kalau di kami tidak ada uang, karena itu yang bisa cepat itu melalui anggaran darurat di BPBD,”imbuhnya.Ia menambahkan timnya sudah turun mengecek lokasi.

Sementara itu, akses jalan kabupaten penghubung Desa dan beberapa dusun di Desa Sekotong Tengah kecamatan Sekotong Lombok Barat (Lobar) yang rusak akibat bencana banjir beberapa waktu lalu belum disentuh oleh Pemda Lombok Barat. Beberapa dusun terancam terisolasi di antaranya Dusun Loang Balok, Dusun Telaga Lebur Desa, Dusun Telaga Lebur dan beberapa dusun di daerah perbukitan.

Akses jalan ini juga diterjang longsor, karena berada tebing perbukitan.Dipicu juga aktivitas pembukaan bukit untuk tanah urug dan pembangunan di jalur tersebut.”Warga berharap agar jalan tersebut ditangani oleh Pemda,”kata Sekretaris Desa Sekotong Tengah, M. Rasid.(her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional